Technologue.id, Jakarta – Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Microsoft telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi LinkedIn. Mahar yang diberikan perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu mencapai Rp 350 triliun.

Kemudian, Anda mungkin hanya memandang akuisisi ini sebagai urusan dua perusahaan tersebut. Akan tetapi, ada kesimpulan lain yang bisa ditarik, yaitu Microsoft sebenarnya sedang membeli data milik LinkedIn dan data Anda mungkin termasuk di dalamnya.

Mengutip analisis dari TheRegister (15/6/16), LinkedIn mengaku saat ini sudah memiliki sekitar 433 juta pengguna. Dari perhitungan kasar, berarti tiap data pengguna yang tersimpan di database sosial media untuk para profesional itu dihargai sekitar Rp 800 ribuan.

Terlepas dari judul bahwa Microsoft mengakuisisi LinkedIn, pada dasarnya Microsoft sedang membeli data pribadi yang Anda setorkan pada LinkedIn. Dalam kasus semacam ini, netizen sebenarnya punya peran besar, yakni pemasok data yang menjadi ‘harta’ milik LinkedIn. Namun tentu saja, walau sudah menyumbang jasa yang tak remeh, proses akuisisi ini tidak meminta persetujuan Anda dan pengguna lain.