Di HUT RI ke-72, Warga Alor Ikut Merdeka dari Kesenjangan Informasi

Di HUT RI ke-72, Warga Alor Ikut Merdeka dari Kesenjangan Informasi
Para pelajar di Pulau Alor yang sekolahnya mendapat bantuan akses internet dari Pemerintah RI (source: Kemkominfo)

Technologue.id, Jakarta – Hari ini (16/08/17), bisa dibilang adalah hari yang cukup spesial bagi warga di Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) telah menghadirkan akses internet berkapasitas bandwidth 4 Mbps di empat lokasi di satu dari 92 pulau terluar di wilayah Indonesia tersebut.

Baca juga:

Akhirnya, Mantau Komentar Netizen di Lambe Turah Jadi Lebih Mudah

Keempatnya adalah SD Negeri Benlelang, SMTK Alor, SMKN Bukapiting, dan SMKN Mali. Tentunya, ini menjadi kado yang menyenangkan dari Pemerintah Republik Indonesia khususnya bagi pelajar di sekolah-sekolah tersebut untuk merdeka dari kesenjangan informasi dengan para pelajar di kota besar.

Baca juga:

Ini Tujuan XL Axiata Tambah Anggota Dewan Komisaris

Tak cuma untuk mempermudah menerima informasi dan ilmu baru, internet di empat institusi pendidikan tadi juga memungkinkan untuk diselenggarakannya ujian online di Pulau Alor dalam waktu dekat. Martinus Hiyetinkay, selaku pengawas SD Benlelang, menyambut positif hadirnya akses internet di sekolahnya. Ia juga berharap agar program-program pembangunan ICT seperti ini dapat terus dilaksanakan terutama untuk mendorong pendidikan di daerah supaya bisa lebih baik lagi.

Baca juga:

Berapa Banyak Pengguna Facebook di Indonesia?

Pada kesempatan yang sama, Rudiantara turut berpesan kepada para guru dan siswa di pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste itu agar menggunakan akses internet untuk hal-hal yang bersifat positif.

“Mudah-mudahan bantuan layanan akses internet ini bisa bermanfaat,” papar Menkominfo dalam sambutannya, seperti dikutip dari rilis pers Kemkominfo (16/08/17).