Technologue.id, Jakarta – Para karyawan di Prancis memaknai 2017 setidaknya dengan dua hal. Pertama, tentu merayakan tahun baru dengan optimisme tinggi. Yang kedua, mulai 1 Januari 2017, mereka akan menjalani aturan resmi baru di dunia kerja.

Ya, kini karyawan di Negeri Menara Eiffel itu berhak untuk tidak membalas email atau perintah apa pun dalam bentuk komunikasi lain terkait pekerjaan dari atasannya di luar jam kerja. ‘Hak untuk tidak terkoneksi’ ini menjadi penting di era internet. Sebab, melansir CNET (01/01/17), tak sedikit para bos yang berpikir pegawainya bisa dikirimi email kapan saja, tak peduli jam kerja sudah berakhir, karena internet selalu aktif 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu.

Alhasil, para bos pun tak bisa seenaknya menghukum karyawan yang tidak merespons email atau chat-nya. Aturan ini berlaku untuk perusahaan dan bisnis yang memiliki lebih dari 50 karyawan.

Sudah sejak lama, fleksibilitas internet di kalangan profesional dipertanyakan. Ada yang menganggap internet sangat mendorong produktivitas hingga muncullah kesuksesan bersama. Namun, tekanan untuk seperti selalu bekerja setiap saat ini terbukti membuat mood pegawai memburuk. Psikologis telah memperingatkan hal ini sebelumnya, karena kebiasaan ini amat mempengaruhi kesehatan emosional karyawan.

 

Baca juga:

Bill Gates Takut dengan Penyakit Remeh Ini, Anda?

Penelitian Ungkap Cara Virus Picu Kanker Darah

Virus Svpeng, Infeksi 318 ribu Perangkat Android