‘Di Rumah Saja’ Jadi Bahan Obrolan Paling Populer Bagi Pengguna Tinder

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pandemi membuat kita menjadi lebih terbuka. Ketika semua orang terpaksa harus mengisolasi diri di rumah, dan kesadaran bahwa kita semua mengalami hal sama pada waktu yang bersamaan, ternyata membuat pengguna Tinder menjadi lebih cerewet dibanding sebelumnya.

Secara global, tanggal 5 April merupakan puncak dari kecerewetan pengguna Tinder di seluruh dunia. Pada tanggal ini, pengguna Tinder terdeteksi mengirimkan pesan rata-rata 52% lebih banyak dibandingkan dengan saat lockdown baru mulai di awal bulan Maret.

Di Indonesia, kecerewetan pengguna Tinder memuncak pada tanggal 12 April 2020. Pada hari tersebut para pengguna Tinder sangat aktif dalam mengirimkan pesan sehingga terjadi kenaikan pengiriman pesan dengan rata-rata 61% lebih banyak dibandingkan saat masa di rumah saja yang baru dimulai di bulan Maret. Selain itu, dari pengiriman pesan yang terjadi ternyata lebih banyak dilakukan oleh Gen Z dengan rata-rata 64% lebih banyak dibandingkan pengguna yang berusia di atas 26 tahun.

Masker menjadi topik populer di Tinder

Beberapa orang menghabiskan hari-hari awal karantina dengan memamerkan persediaan tisu toilet dan hand sanitizer. Puncak dari pencantuman kedua hal ini di dalam bio terjadi pada akhir bulan Maret. Namun, pembicaraan beralih ke masker mulai bulan April. Beberapa pengguna Tinder memamerkan kebiasaan penggunaan masker mereka secara rutin (‘terlihat dari garis halus di kulit wajah yang disebabkan oleh masker’) atau mencari kesamaan pandangan dalam penggunaan masker (‘jika kamu menggunakan masker ketika berlari, maka kita tidak cocok’). Kebiasaan menggunakan masker dapat menjadi tes kecocokan paling ideal di tahun 2020.

Karantina menghasilkan ide-ide kreatif untuk bergaul

Pembatasan sosial membuat kita menjadi pelaku kencan digital yang kreatif. Karena terpaksa harus di rumah saja, menjelajahi Tinder menjadi cara untuk bersosialisasi. Pada puncaknya, jumlah swipe antar pengguna di Indonesia selama masa di rumah saja juga bertambah hingga 29%. Karena sebagian besar tempat ditutup, banyak pengguna di Tinder beralih ke Animal Crossing untuk bertemu. Pada permulaan karantina terjadi 5x peningkatan penyebutan Animal Crossing di bio (jumlah Gen Z yang menyebutkan Animal Crossing berjumlah 2x lebih banyak dari Millennial).

Dan sekarang Tinder memberikan topik lebih banyak untuk dibicarakan. Tidak ada hal yang membuat percakapan mengalir lebih baik dari minat dan pengalaman. Namun jika kamu mencari pembahasan lain untuk menjadi lebih dekat diluar pandemi, Tinder memiliki dua cara baru untuk meningkatkan profil kamu untuk mendapatkan match:

  • Pembuka Percakapan – Untuk mempermudah pengguna memperkenalkan diri mereka kepada teman baru, Tinder belum lama ini meluncurkan Prompts, fitur aplikasi terbaru yang memungkinkan pengguna lainnya menjawab pertanyaan atau untuk menyelesaikan sebuah kalimat atau untuk dimasukan ke dalam profil. Apakah kamu menonton Unsolved Mysteries secara maraton? Apakah kamu memiliki ide cemerlang untuk kencan Animal Crossing yang ideal? Apakah kunci menuju hatimu adalah hewan peliharaan? Biarkan calon match kamu mengetahuinya dan biarkan percakapan akan mengalir.
    • Buka aplikasi Tinder dan pilih ikon profil
    • Tekan tombol “Tambah Media” di bawah nama/usia
    • Pilih “Buat baru Tentang Saya”
    • Tekan ikon dadu di bagian tengah atas layar untuk memilih opsi Prompt secara acak, atau pilih ikon list di sisi kiri atas layar untuk membaca semua Prompt yang tersedia
    • Setelah kamu mendapatkan prompt yang kamu suka, ketik jawaban yang kamu di bagian “Type Something”
    • Pilih “Selesai”
    • Prompt dan jawaban kamu akan ditambahkan ke profil! Pilih tombol “Pratinjau” untuk melihatnya
  • Common Interests – Interest, fitur yang akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat ini, dapat membuat pengguna lebih mudah dalam mengisi profil dan dapat mengetahui lebih lanjut tentang profil match merekal. Apakah seseorang yang suka makan? Ahli trivia? Fans berat Disney?
    • Tambahkan Interest ke profil Anda dan biarkan yang lain untuk menuliskan kesukaan mereka, terutama jika mereka menyukai olahraga seperti basket atau sepakbola.
    • Untuk pengguna baru, Anda akan diwajibkan untuk mengisi tiga macam hal yang disukai ketika mendaftar.
    • Jika sudah menjadi pengguna Tinder, Anda dapat menambah/mengubah Interests dengan mengedit profil Anda.

- Advertisement -

Latest News

A Day Without We, Game Asal Indonesia yang Bakal Rilis di PlayStation 5 dan Xbox Series X/S

Technologue.id, Jakarta - Setelah game buatannya sukses di Steam, Gamecom Team Studio, developer game asal Indonesia, bareng publisher game asal Rusia, ChiliDog...

Samsung Boyong Jajaran TV Premium Terbaru

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan empat TV terbaru, Kamis (6/5/2021). Adalah The Sero, The Frame, The Serif, dan The...

Menang Flash Sale Shopee, Pengguna Kecewa Transaksi Dibatalkan Sepihak

Technologue.id, Jakarta - Penjualan cepat atau flash sale di e-commerce sudah menjadi "bumbu" menggiurkan yang selalu jadi incaran calon pembeli. Namun sejumlah...

Samsung Boyong Smart TV Premium Neo QLED 8K, Segini Harganya

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan smart TV premium, Neo QLED 8K pada Kamis (6/5/2021). Produk ini digadang mampu memberikan...

Ini Media Sosial Garapan Donald Trump

Technologue.id, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump meluncurkan "platform komunikasi" setelah hampir empat bulan dilarang oleh sebagian besar situs media...

Related Stories