Di Sini Tempat Belanja Online Teramai Selama Ramadan 2017, Bukan Lazada!

IIlustrasi belanja online (source: Marketingland)

Technologue.id, Jakarta – Kala e-commerce sudah menjadi kanal jual-beli yang digemari masyarakat Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir, fenomena serupa ternyata juga berlanjut saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 2017. Setidaknya, itulah fenomena yang berhasil dipotret oleh JakPat.

Platform riset online itu melaporkan pada redaksi bahwa dari 1.000 responden yang mereka survei dari seluruh Indonesia, 65 persennya mengaku sudah berbelanja online satu hingga dua kali selama bulan Ramadan lalu. Uniknya, dari beragam situs e-commerce yang ada di Indonesia, kebanyakan punya satu platform favorit, yakni Shopee.

Ya, perusahaan e-commerce yang bermarkas pusat di Singapura itu ternyata menjadi pilihan 49 persen responden riset yang digelar mulai 12 sampai 17 Juni lalu. Praktis, Shopee pun menyingkirkan nama-nama populer lain, termasuk Lazada yang hanya duduk di posisi kedua dengan persentase 20,7 persen. Sedangkan Tokopedia (16 persen), Bukalapak (7 persen), dan Elevenia (3,2 persen) membuntuti di belakangnya.

Terlepas dari persaingan antarplatform ini, satu hal yang bisa diapresiasi adalah ternyata situs jual-beli online di Indonesia lumayan bagus dalam memberikan pelayanan. Terbukti, 97 persen masyarakat yang disurvei tadi menyatakan puas dengan pilihan tempat belanja online mereka.

“Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online. Kebiasaan ini turut mempengaruhi pilihan metode belanja masyarakat di bulan Ramadhan, dengan lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia,” ujar Ainun Habibah, Corporate Relation JakPat, secara tertulis pada Technologue.id (29/06/17).

 

Baca juga:

E-commerce Gogobli Hadir, Andalkan Keaslian Produk Kesehatan dan Kecantikan

Tanpa Modal, Bisnis Bersama Mentimun.co.id Malah Dapat Untung!

E-Commerce Booming, Toko Gadget Offline Tetap Dibuka