Di Situs Ini, Anda Bisa Dengarkan Siaran Radio dari Seluruh Dunia!

Radio Garden, situs streaming dari seluruh dunia (source: Radio Garden)

Technologue.id, Jakarta – Radio adalah teknologi yang luar biasa, sebelum internet tiba. Namun alih-alih terhempas, radio dewasa ini justru tetap bisa bertahan berkat bantuan internet juga.

Pastinya, Anda telah mengetahui kalau stasiun radio saat ini pun menyebarkan siarannya via streaming. Alhasil, secara geografis Anda tak berada di wilayah yang sama dengan radio tersebut, Anda tetap bisa mengikuti siarannya berbekal smartphone atau PC dan koneksi internet.

Tak perlu terlalu tercengang; itu memang secuil hal yang dapat internet lakukan. Akan tetapi, Radio Garden mampu membawa radio streaming ke level yang lebih tinggi.
Ya, situs bikinan Studio Moniker dan dikembangkan oleh Netherlands Institute for Sound and Vision itu adalah proyek yang bertujuan untuk memperluas jangkauan siar radio dan mempermudah masyarakat dari berbagai belahan dunia mendapatkan informasi dari sumber lokal sekaligus memperkaya wawasan setempat.

Mendengarkan radio streaming di Radio Garden (source: Radio Garden)

Dengan hanya duduk manis mengakses radio.garden, Anda dapat mendengarkan siaran langsung dari radio lokal di Adelaide, New York, hingga Utrecht dan Rusia. Di Indonesia pun sudah ada sejumlah radio yang terdaftar. Pokoknya, tinggal putar globe di layar gadget Anda dan tentukan radio yang ingin Anda dengarkan sesuai titik lokasi mereka berada.

Menariknya, terdapat pula fitur selain mendengarkan live radio streaming, yakni Jingle, yang mendendangkan tema lawas dari beragam stasiun radio; History, yang memancarkan sejarah dari berbagai negara; serta Stories, yang memutarkan beberapa speaker asal sejumlah negara yang membagikan pengalaman mereka terkait dunia radio.

Kiranya, konsep mendengarkan memang agak “asing” bagi generasi yang tumbuh dengan Spotify, Apple Music, atau JOOX. Namun, Radio Garden dengan konsep uniknya sepertinya layak mendapatkan sebagian dari waktu masyarakat Indonesia yang ingin memperkaya khasanah mereka lewat stasiun radio dengan karakter dan tipikalnya masing-masing.

 

Baca juga:

Facebook Hadirkan Fitur Find Wi-Fi pada Aplikasi Mobilenya

Di Sini Tempat Belanja Online Teramai Selama Ramadan 2017, Bukan Lazada!

Cari Subtitle Film Mudah Tanpa Googling, Begini Caranya!