Technologue.id, Jakarta – Ada perubahan yang cukup menarik jika Anda mencermati News Feed Facebook. Fitur Trending Topics yang kerap diisi hal-hal teraktual di dunia atau kontroversi di dunia maya itu kini sedikit dimodifikasi.

Dalam rilis persnya (26/8/16), jejaring sosial terpopuler sejagat tersebut tak lagi menampilkan deskripsi singkat untuk setiap topik panas yang muncul, tetapi menggantinya dengan jumlah post berkaitan yang telah diunggah. Trending, yang dihadirkan sejak 2014, sekarang lebih simpel. Bahkan secara kasat, mirip dengan Trending Topics di medsos tetangga yang mendewakan sifat real-time-nya, yaitu Twitter.

Perbandingan versi lama dan baru Trending Topics di Facebook (source: Facebook)
Perbandingan versi lama dan baru Trending Topics di Facebook (source: Facebook)

Namun bukan Facebook namanya kalau tidak bisa memberikan nilai tambah. Tak seperti Twitter, ketika Anda mengarahkan kursor pada salah satu topik, maka akan muncul link berita terkait yang dapat menjabarkan lebih dalam soal tema itu.

Link rekomendasi dari topik yang sedang panas (source: Facebook)
Link rekomendasi dari topik yang sedang panas (source: Facebook)

Untuk menjamin topik atau hashtag yang muncul di Trending Topics tetap relevan, perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu mengaku mempekerjakan kurator tren. Misalnya, walaupun banyak post atau foto yang mencantumkan #lunch di seluruh dunia, tagar tersebut tak akan muncul di Trending Topics Facebook berkat sudah diseleksi oleh tim internal mereka.

Mungkin, ini juga menjadi bentuk antisipasi Facebook atas munculnya hashtag aneh di Twitter yang banyak di-generate oleh bot.

Menurut Anda, apakah Trending Topics bikinan Facebook ini lebih baik dari Twitter?

 

Baca juga:

JANGAN MACAM-MACAM DENGAN BOS FACEBOOK!

FACEBOOK KINI TAMPUNG 1,7 MILIAR PENGHUNI BUMI

CARA FACEBOOK AMANKAN ANDA DARI BERITA SAMPAH