Diam-diam, Windows Serang Chrome dan Firefox

Microsoft Edge (source: vxfusion.com)

Technologue.id, Jakarta – Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, Microsoft memulai revolusi browser-nya dengan merilis Edge Juli 2015 silam untuk menggantikan Internet Explorer yang legendaris itu.

Namun setahun lebih berlalu, Microsoft Edge ternyata belum bisa merebut hati netizen. Hal ini terbukti dengan didapuknya Chrome sebagai peramban terpopuler dengan penguasaan terhadap 63 persen pangsa pasar desktop browser versi StatCounter. Sementara Firefox yang duduk di posisi kedua menangkap 15 persen market share.

Kendati demikian, Microsoft tak berpangku tangan dan mencoba terus mempromosikan Edge. Yang terbaru, seorang pengguna Reddit dengan username illCodeYouABrain mengabadikan provokasi anyar perusahaan yang berbasis di Redmond itu.

Berdasarkan pengakuannya seperti dikutip dari VentureBeat (18/11/16), ketika beberapa kali ia menjalankan Firefox, muncul notifikasi berupa ‘Microsoft Edge lebih aman dari Firefox karena mampu memblokir 21 persen lebih banyak malware’. Menariknya, VentureBeat sudah mengonfirmasikan hal ini ke Microsoft dan pesan pop-up tersebut juga berlaku saat user memanggil Chrome.

Promosi terselubung Microsoft Edge (source: VentureBeat)
Promosi terselubung Microsoft Edge (source: VentureBeat)

Pada dasarnya, pop-up message tersebut adalah tip yang disediakan di Windows 10. Menurut pengakuan perwakilan Microsoft Juli lalu, Windows Tips ditujukan untuk meningkatkan experience pengguna Windows 10 dengan informasi yang cepat dan mudah dicerna. Akan tetapi notifikasi untuk terkait Microsoft Edge ini cenderung provokatif dengan memanfaatkan kuasa Microsoft sebagai pemilik sistem operasi.

Jika Anda pengguna Windows 10 dan keberatan menerima notifikasi semacam ini, Anda bisa menonaktifkannya dengan mengakses Settings –> System –> Notifications –> lalu matikan fitur ‘Gets tips, tricks, and suggestions as you use Windows’. Namun kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang Windows 10 termasuk fitur-fitur yang diusungnya, rasanya menonaktifkannya Windows Tips bukanlah hal yang perlu Anda lakukan.

 

Baca juga:

Tahukah Anda Berapa Banyak Pengguna Google Chrome Saat Ini?

Microsoft dan Intel Ajak Pengguna Miliki PC Berbasis Windows 10

Donald Trump Jadi Presiden, Ini Komentar CEO Microsoft