Technologue.id, Jakarta – Telkomsel secara resmi mendapat alokasi frekuensi baru di spektrum 2,3 Ghz untuk menunjang layanan telekomunikasi seluler miliknya. Tak perlu menunggu waktu lama, operator seluler dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia itu menyatakan siap melayani pelanggannya secara komersial dengan frekuensi 2,3 Ghz.

Kesiapan layanan secara komersial itu didapat setelah perusahaan lolos dalam Uji Laik Operasi (ULO). Saat ini, Telkomsel telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi yang menyatakan bahwa Telkomsel telah memenuhi syarat kelaikan operasi untuk penyelenggaraan telekomunikasi di frekuensi 2,3 GHz.

Baca juga : Nih, Senjata Utama Telkomsel Bisnis Manjakan UKM

Tambahan frekuensi sebesar 30 Mhz yang baru dimiliki Telkomsel ini akan beroperasi menggunakan teknologi Time Division-Duplex Long Term Evolution (TDD-LTE). Telkomsel menjanjikan sebanyak 500 BTS LTE TDD akan tergelar tidak hanya di Jabodetabek namun juga di Palembang dan Bandung

“Kami terus gerak cepat pasca pengumuman pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3 GHz, agar pelanggan dapat segera merasakan pengalaman mobile broadband Telkomsel yang lebih baik lagi. Penyesuaian izin jaringan bergerak seluler pun sudah selelsai dan telah ditetapkan oleh Kominfo,” jelas Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Baca juga : Rayu UKM Migrasi ke Digital, Telkomsel Sodorkan Solusi Telekomunikasi

Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa tambahan spektrum ini memungkinkan Telkomsel untuk memperkuat dan memaksimalkan kualitas layanan layanan 4G LTE bagi pelanggan, khususnya di wilayah-wilayah yang kapasitas penggunaan layanan datanya sudah padat.

Penggunaan teknologi TDD-LTE diklaim bakalan menghadirkan kecepatan akses mobile broadband yang lebih tinggi. Ririek menyatakan nantinya Telkomsel akan mampu menghadirkan pengalaman digital lifestyle terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan pelanggan semakin nyaman dalam mengakses berbagai informasi secara mobile, khususnya layanan video streaming.

Baca juga : Ini Dia Pemenang Lelang Frekuensi 2,1GHz, Operator Mana yang Dapat?

“Tambahan frekuensi ini akan membuat pelanggan yang suka mengakses layanan data, khususnya yang biasa nonton video streaming gak perlu lagi nunggu muter-muter. Kita akan pakai frekuensi 2,3GHz untuk meningkatkan kapasitas supaya experience pelanggan lebih baik dalam mengakses layanan data,” tambah Ririek.

Adapun komposisi alokasi frekuensi yang dimiliki Telkomsel menjadi sebagai berikut: frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHZ, frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 15 MHz, frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz, frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, dan frekuensi 800 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz.