Home Headline Didakwa Kasus Penghasutan, Syarifah Amelia Banjir Dukungan Netizen

Didakwa Kasus Penghasutan, Syarifah Amelia Banjir Dukungan Netizen

Technologue.id, Jakarta – Syarifah Amelia, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati Belitung Timur nomor urut 1, Burhanudin-Khairil Anwar mendapat dukungan netizen.


Mereka menyebut penetapan dirinya sebagai terdakwa kasus penghasutan dinilai berlebihan dan telah membungkan kebebasan berpendapat di tengah masyarakat.


Dukungan diberikan Netizen di media sosial Twitter lewat tagar #BebaskanAmel. Hingga berita ini dimuat pada Senin (30/11/2020), tagar tersebut berhasil memuncaki trending topik dengan lebih dari 3 ribu cuitan.

Baca Juga:

Diego Maradona Meninggal, Tokoh Ternama Dunia Berduka

Baca Juga:

Bikin Ngakak, Parodi Indonesian Idol Nyanyi Lagu Bale Bale Iri Bilang Bos


Untuk diketahui, wanita yang kerap disapa Amel itu saat ini tengah menjalankan proses hukum. Ia diseret ke pengadilan karena dianggap melakukan orasi yang membuat suasana kampanye menjadi riuh.


Dalam orasinya, Amel mengatakan kalimat “Karena kalau bersih Pilkada Belitung Timur, maka yang menang adalah?”. Ucapan Amel itu kemudian disoraki peserta kampanye dengan jawaban “nomor satu”.


Akibat orasinya ini, Amel didakwa Pasal 187 ayat (2) Jo Pasal 69 huruf c Undang-undang nomor 1 tahun 2015, sebagaimana diubah terakhir kali melalui Undang-undang nomor 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.