Digunakan 500 Juta Orang, Google Photos Tambah Tiga Fitur Penting

Berbagi foto dengan Google Photos (source: Google)

Technologue.id, Jakarta – Setelah dua tahun berlalu, Google Photos kini makin terkenal. Buktinya, mereka mencatat pengguna layanan penyimpanan foto berbasis cloud itu sudah digunakan oleh 500 juta orang setiap bulannya. Mereka turut mengklaim kalau berhasil mem-backup lebih dari 1,2 miliar foto dan video per harinya.

Nah, untuk terus meningkatkan kepuasan pengguna, mulai bulan ini hingga beberapa pekan ke depan Google memberikan tiga buah pembaruan: Suggested Sharing, Shared Libraries, dan Photo Books. Penjabaran singkat masing-masing fiturnya sudah redaksi siapkan berikut ini berdasarkan penjelasan Google di blog resminya.

Yang pertama, Suggested Sharing adalah fitur yang cocok untuk Anda yang sering lupa untuk membagikan foto pasca liburan bersama keluarga atau teman-teman. Ya, berkat machine learning yang telah mereka kembangkan, Google Photos bisa mengingatkan Anda untuk membagikan foto-foto yang di dalamnya terdeteksi muka orang lain sekaligus mengumpulkannya secara otomatis.

Shared Libraries di Google Photos (source: Google)

Sementara itu, Shared Libraries juga punya fungsi yang tak jauh berbeda, tetapi lebih personal. Dengan meng-invite seseorang yang paling dekat dengan Anda, seperti pasangan atau sahabat, ke Shared Libraries, mereka secara otomatis akan bisa menerima, menyimpan, dan menambahkan foto baru di library Anda yang dibagikan tadi. Anda bersama orang terkasih pun makin mudah mendokumentasikan momen terbaik dalam hidup.

Terakhir, Photo Books, adalah layanan Google untuk mengabadikan jepretan digital ke dunia nyata. Secara sederhana, fitur ini tak ubahnya layanan percetakan foto yang banyak ditemui di sekitar Anda, tetapi bisa diproses langsung dari Google Photos.

Contoh Photo Books dari Google Photos (source: Google)

Untuk sementara, Photo Books masih tersedia di Amerika Serikat sebelum masuk ke negara lain seperti dijanjikan Google dengan harga Rp133 ribuan untuk membuat album foto berisi 20 lembar. Itu untuk versi softcover, kalau ingin mencetaknya di album foto bersampul hardcover, Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi jadi Rp270 ribuan.

 

Baca juga:

Aplikasi Contacts Terbaru dari Google Kini Lebih Mudah Digunakan

Google Patenkan Fitur Baru untuk Android

Mau Kerja di Google, Apple, Atau Microsoft? Kuasai Dulu Skill Ini!