Technologue.id, Jakarta – Seorang ayah bernama Joel Young terpaksa menghadiri pesta pernikahan putrinya dengan digantikan robot. Hal ini lantaran Joel sedang dikarantina akibat terinfeksi virus Corona.

Dilansir dari VOA News pada Selasa (24/3/2020), Joel menghadiri hari bahagia putrinya melalui telepresence robot. Ia mengendalikan robot tersebut dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat pendukung.

“Dengan robot ini, memungkinkan saya untuk mengendalikan apa yang saya lihat dan kemana saya akan melangkah,” ujar Joel.

Baca Juga:
Kreatif! Di Tengah Wabah Corona Bocah Ini Wisuda Lewat Gim Minecraft

Pernikahan tersebut berjalan lancar meskipun Joel tidak bisa mengantar putrinya menyusuri lorong seperti yang direncanakan. Robot yang dikendalikan Joel berbaur dengan para tamu undangan menyaksikan kebahagiaan putrinya.

Ide menghadirkan sebuah robot untuk menggantikan Joel sebenarnya datang dari rekan-rekannya. Mereka merasa iba ketika Joel mengatakan tidak bisa menghadiri pernikahan putrinya.

“Ketika saya memanggil putri saya dan berbicara dengannya, saya mengatakan bahwa saya cukup yakin saya tidak bisa hadir. Saya melihat banyak air mata di sana,” tambah Joel.

Baca Juga:
Apple Siri Sekarang Bisa Identifikasi Virus Corona

Robot tersebut kemudian dipesan dan dikirim ke rumah ibunya di Phoenix. Rekan-rekan Joel menyebutnya sebagai Papabot lalu menyimpannya sampai hari pernikahan berlangsung.

“Saat menghadapi sebuah tantangan, upayakan solusi terbaik sebisa mungkin. Terimalah apa adanya dan hidup terus berlanjut,” kata Joel.

Joel sendiri adalah seorang teknisi bagian lampu yang mana menjadi satu di antara ribuan orang dalam kapal pesiar Grand Princess. Ia harus menjalani karantina akibat virus Corona di pangkalan laut Amerika Serikat di California.