Technologue.id, Jakarta – Industri hiburan tanah air sedang mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Produk ekonomi kreatif seperti film, festival dan konser musik, pameran seni, hingga atraksi hiburan banyak digandrungi masyarakat, khususnya anak muda.

Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan bahwa seiring dengan prospek perekonomian Indonesia, Ekonomi Kreatif termasuk di dalamnya industri hiburan di Indonesia turut ditargetkan akan menjadi salah satu kekuatan industri kreatif dunia.

Baca Juga:
7 Pandangan Industri Hiburan Tahun Ini Versi Loket

Merujuk pada data Badan Ekonomi Kreatif dalam laporan OPUS Outlook 2019, pada tahun 2016 kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap perekonomian nasional tercatat sebesar 7,44 persen dan diproyeksikan akan terus meningkat hingga mencapai 10 persen.

“Industri hiburan sebagai salah satu bagian dalam industri kreatif ini juga memiliki pangsa pasar yang tak terbatas. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif,” jelas Ricky Joseph Pesik.

Baca Juga:
Loket Catat Pencapaian Gemilang di Industri Hiburan Selama 2018

Dikatakan Ricky, Film, animasi dan video bahkan masuk ke dalam sektor dengan pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 10,09 persen, serta seni dan pertunjukkan sebesar 9,54 persen. Sementara itu, musik tercatat sebesar 7,59 persen.

“Saya optimis industri hiburan dapat terus menunjukkan pertumbuhan positif ke depan dan menjadi kekuatan baru bagi industri kreatif Indonesia,” ucapnya.

Pertumbuhan positif ini, dijelaskan Ricky, terjadi setelah ada teknologi. Salah satunya didorong oleh revolusi di sistem ticketing.

“Teknologi sudah menjadi keniscyaan. Semua ekonomi adalah ekonomi digital. Porsi yang konvensional akan hilang dan beralih memanfaatkan digital,” tuturnya.

Mendukung fakta tersebut, Anvid Erdian, VP Business Development Loket, meyakini bahwa positifnya pertumbuhan industri ini juga tidak lepas dari pertumbuhan generasi milenial usia 20 – 35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta sebagai konsumen terbanyak industri hiburan. Jumlah tersebut merupakan pasar terbesar bagi industri hiburan hingga beberapa tahun kedepan.