Technologue.id, Jakarta – Netflix kehilangan salah satu klien besarnya, Disney. Mereka mengumumkan pemutusan kerja sama ini pada Selasa (08/08/17) waktu Amerika Serikat.

Apakah penyebabnya? Melansir TheVerge (08/08/17), Disney berencana untuk meluncurkan layanan streaming-nya sendiri pada 2019 mendatang. Langkah ini sebenarnya cukup masuk akal, karena Disney punya “stok” film dan shows yang amat melimpah.

Baca juga:

Tokopedia: Kurban Online Saat Idul Adha Naik 500 Persen

Sebaliknya, pemutusan kerja sama yang cuma berlangsung setahun ini menjadi pukulan telak bagi Netflix. Pasalnya, selain konten orisinal bikinan Netflix, konten dari Disney jadi daya tarik tersendiri bagi subscriber perusahaan berusia 20 tahun tersebut.

Berkat deal dengan Disney, Netflix secara eksklusif punya hak untuk men-streaming-kan film dan shows Disney yang dirilis setelah 1 Januari 2016. Jadi ketika Disney merilis film Marvel atau Star Wars anyar, semua langsung bisa dinikmati di Netflix.

Baca juga:

Go-Jek Resmi Akuisisi LOKÉT, Apa Tujuannya?

Namun ini bukan berarti semua konten Disney sudah hilang dari Netflix. Menurut sumber yang redaksi kutip, film Disney yang dijadwalkan rilis di tahun 2019 saja yang tak akan ada di Netflix. Semua konten Disney di Netflix pun masih bisa dinikmati sampai dua tahun mendatang.

Baca juga:

Penjualan Smartphone Dunia Sedang Lesu, Apa Sebabnya?

Di Netflix, sebelumnya terdapat ratusan judul film dan serial televisi dari Disney. Beberapa di antaranya adalah The Chronicles of Narnia, Zootopia, Tarzan, High School Musical, Hannah Montana The Movie, hingga The Lizzie McGuire Movie.