Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Dituduh Curi Data Pengguna, Xiaomi Buka Suara
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi baru-baru ini dituding telah mengumpulkan data para penggunanya secara diam-diam lewat browser. Menanggapi hal tersebut, perusahaan teknologi asal China itu mengaku kecewa.

Dilansir dari blog resminya pada Selasa (5/5/2020), Xiaomi mengatakan, "Kami kecewa dengan artikel dari Forbes. Kami rasa mereka salah memahami mengenai apa yang kami komunikasikan tentang prinsip dan kebijakan privasi data kami."

Baca Juga:

Makin Mesra, Xiaomi dan Samsung Garap Kamera 150MP


Xiaomi menyebut privasi pengguna dan keamanan internet merupakan prioritas utama perusahaan. Untuk itu, perusahaan secara ketat mengikuti peraturan keamanan privasi yang berlaku.

Xiaomi mengaku telah mengumpulkan data seperti data browsing, sistem informasi, preferensi, hingga crash report sesuai dengan aturan yang berlaku. Menurutnya semua itu dilakukan dengan seizin pengguna dan informasi yang dikirim bersifat anonim dan terenkripsi.

"Pengumpulan data ini bersifat anonim dan terenskripsi, dimaksudkan untuk analisis internal yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Ini umum dilakukan dengan tetap menjaga privasi dan keamanan data," ujar Xiaomi.

Baca Juga:

Daftar Smartphone Xiaomi yang Bakal Dapatkan MIUI 12

Xiaomi sendiri sebelumnya disebut telah mengumpulkan data pengguna secara diam-diam oleh seorang peneliti keamanan siber bernama Gabi Cirlig dan disiarkan oleh Forbes. Ia mengaku menemukan kejanggalan pada ponsel Redmi Note 8 miliknya dimana pada ponsel tersebut Xiaomi dapat memantau aktivitas yang dilakukan.

Cirlig menyebut Xiaomi dapat mengetahui situs mana saja yang dikunjungi di browser hasil penelusuran mesin pencari Google dan DuckDuckGo, hingga newsfeed yang ada di halaman utama browser.
Selain itu, Cirlig juga mengatakan bahwa Xiaomi dapat merekam aktivitas lain seperti folder mana saja yang dibuka, status bar dan menu setting mana yang diakses, bahkan navigasi layar mana yang disentuh.

SHARE:

Menantikan Sepak Terjang Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru Honda Prospect Motor

Daftar Perangkat Samsung yang Bisa Cicipi Galaxy AI