Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Dorong Pelayanan Kesehatan, Menkes Budi Gunadi Sadikin Temui Elon Musk
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Menkes (Menteri Kesehatan) Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Elon Musk, CEO SpaceX dalam rangka menjajaki kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Starlink, jaringan satelit yang dioperasikan oleh SpaceX.

Kerjasama ini diharapkan mampu mendorong pelayanan kesehatan melalui penyediaan akses internet di puskesmas terpencil.

Baca Juga:
SpaceX Luncurkan 22 Satelit Starlink Batch Baru ke Luar Angkasa

“Ini upaya kami untuk memastikan pemerataan pelayanan kesehatan di Tanah Air,” kata Sadikin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, dikutip dari Antaranews.

Menkes menjajaki kerja sama dengan Starlink untuk menyediakan akses internet di puskesmas yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Menurutnya, puskesmas setempat harus memiliki infrastruktur yang memadai karena merupakan garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat sehat. Sekitar 2.200 dari 10 ribu puskesmas yang ada masih belum memiliki akses internet, berdasarkan data kementerian.

Apalagi ada 11.100 puskesmas kecil yang tidak terkoneksi internet. “Dengan akses internet, konsultasi layanan kesehatan bisa dilakukan secara online,” ujar Sadikin.

Dengan akses internet yang baik, pelatihan daring bagi tenaga kesehatan diharapkan juga bisa dilakukan secara optimal.

Peningkatan konektivitas internet, lanjutnya, dapat membuka akses layanan kesehatan secara luas dan meningkatkan komunikasi antar daerah.

Dengan begitu, pelaporan dari fasilitas kesehatan bisa dilakukan kapan saja, imbuhnya. “Kegiatan ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia,” ujarnya.

Starlink ialah nama jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan swasta SpaceX untuk menyediakan internet murah ke daerah terpencil.

Baca Juga:
Jelang Tarung dengan CEO Meta, Elon Musk Sebut Dirinya Butuh Operasi

Starlink adalah konstelasi satelit pertama dan terbesar di dunia, menggunakan orbit rendah Bumi untuk menghadirkan internet broadband yang mampu mendukung aktivitas online seperti streaming dan panggilan video.

Beberapa negara yang memanfaatkan Starlink untuk menunjang fasilitas kesehatan antara lain Filipina, Rwanda, Mozambik, dan Nigeria.

SHARE:

Apple Siapkan Penerus Vision Pro yang Lebih Murah, Harga Rp26 Jutaan?

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya