Dorong Pertumbuhan Bisnis Berbasis Inovasi di Asia Tenggara, VMware Luncurkan Serangkaian Penyempurnaan pada Portofolio 5G dan Edge

Technologue.id, Jakarta – VMware, Inc. (NYSE: VMW) hari ini meluncurkan 5G Telco Cloud Platform yang mendukung Communication Service Providers (CSPs) dalam memenuhi tingginya kebutuhan inovasi berbasis teknologi 5G di kawasan Asia Tenggara. VMware 5G Telco Cloud Platform merupakan solusi cloud-first yang konsisten untuk mendukung infrastruktur cloud native berkelas carrier dengan performa tinggi pada perusahaan-perusahaan CSP guna menyambut kehadiran aplikasi-aplikasi teknologi masa depan.

Di tahun 2025, ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara diprediksikan akan mencapai US$300 miliar. Organisasi-organisasi kian terpacu untuk mempercepat tuntasnya transformasi digital guna mendorong tumbuhnya inovasi bisnis di tengah tingginya dinamika kebutuhan pelanggan dan pertumbuhan ekonomi cloud dan mobile-first.

Kehadiran teknologi 5G diharapkan akan menjadi mesin yang menggerakkan roda-roda pertumbuhan bisnis perusahaan, karena perusahaan-perusahaan CSP membutuhkan jaringan yang unggul, didukung oleh cloud yang telah dimodernisasi. Dalam bisnis, kecepatan dan kegesitan bisnis dalam skala yang luar biasa merupakan kunci. Selain itu, mereka juga dituntut untuk dapat mempertahankan performa, resiliensi, dan kualitas berkelas tinggi yang dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan carrier.

Platform multi cloud inovatif milik VMware menghadirkan simplifikasi dan mampu mempercepat adaptasi terhadap jaringan 5G serta mendukung perusahaan CSP agar lebih fokus dalam menyelami pemanfaatan teknologi cloud native. Peluncuran aplikasi dan layanan inovatif ke pasar akan dapat dilakukan dengan lebih cepat, sehingga mampu memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan bisnis yang kian meningkat.

“VMware berkomitmen untuk mempercepat kehadiran portofolio cloud telco dan edge mutakhir, agar mampu mendukung pelanggan dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan dalam meraih peluang-peluang masa depan yang sudah ada di depan mata,” tutur Sanjay K. Deshmukh, vice president and managing director, Southeast Asia and Korea, VMware. “Dengan dukungan teknologi cloud native yang terdapat pada Telco Cloud Platform, CSP kini dapat mengakselerasi inovasi dalam meluncurkan aplikasi-aplikasi dan layanan baru. Kompleksitas operasional dan total biaya kepemilikan terpangkas secara substansial. Teknologi ini mendukung akselerasi dalam penggelaran jaringan 5G perusahaan, yang pada akhirnya akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.”

VMware Telco Cloud Platform merupakan paduan dari VMware Telco Cloud Infrastructure, yakni sebuah evolusi di ranah solusi vCloud NFV, dengan VMware Telco Cloud Automation, yakni kapabilitas orkestrasi dan otomasi multi domain yang diluncurkan baru-baru ini. Telco Cloud Platform yang telah siap 5G ini dirancang sedemikian rupa khusus untuk kalangan CSP agar mereka dapat menyelami pemanfaatan teknologi cloud native lebih jauh lagi serta memudahkan mereka dalam menghadirkan aplikasi dan layanan pada infrastruktur multi cloud yang mereka gunakan.

Makin banyaknya CSP yang berevolusi dari jaringan NFV ke jaringan cloud native dan terkontainerkan, VMware juga turut berevolusi, beralih dari solusi VMware vCloud NFV ke Telco Cloud Infrastructure dengan platform yang makin konsisten dan terpadu untuk operasi Virtual Network Functions (VNFs) maupun Cloud Native Network Functions (CNFs) di seluruh jaringan telko. Telco Cloud Infrastructure dirancang untuk mengoptimalkan penghantaran layanan jaringan.

Solusi ini dilengkapi pula dengan serangkaian peningkatan kapabilitas yang fokus di ranah telko, mendukung penggelaran cloud terdistribusi, serta menghadirkan skalabilitas dan performa yang tinggi bagi jutaan pengguna, baik di tingkat konsumer maupun enterprise. Peningkatan-peningkatan ini mendukung CSP dalam menghadirkan tingkat kecepatan dan kegesitan berskala jaringan, sekaligus menjaga performa, resiliensi, dan kualitas jaringan berkelas tinggi yang dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan carrier.

Teknologi VMware Telco Cloud Automation yang terintegrasi pada Telco Cloud Infrastructure, secara cerdas mampu mengotomasikan pengelolaan lifecycle secara menyeluruh pada tiap-tiap fungsi dan layanan yang ada di jaringan, sehingga operasional menjadi makin simpel dan penghantaran layanan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Langkah ini sekaligus mampu mengoptimalkan utilisasi sumber. Telco Cloud Automation kini juga telah mendukung otomasi infrastruktur dan manajemen Containers-as-a-Service (CaaS). Proses penempatan workload menjadi kian ramping, alokasi sumber infrastruktur bisa dilakukan dengan makin optimal. Teknologi ini dilengkapi pula dengan kapabilitas untuk mensimplifikasi pada proses ekspansi jaringan 5G maupun edge telko melalui fitur yang bernama zero-touch-provisioning (ZTP) setiap muncul kebutuhan untuk penambahan kapasitas.

Baru-baru ini, VMware juga mengembangkan program Ready for Telco Cloud sebagai dukungan ekstra untuk VMware Telco Cloud Automation. Program ini ditujukan untuk mendukung akselerasi penggelaran fungsi dan layanan jaringan yang dilakukan oleh CSP. Dengan diluncurkannya VMware Telco Cloud Platform, VMware juga mengembangkan program ini lebih jauh untuk mempercepat kesiapan fungsi jaringan dalam mendukung peluncuruannya nanti.

Program ini kini mencakup hingga pada fungsi-fungsi jaringan berbasis kontainer, juga konformasi workload dengan VMware Cloud Native stack, serta otomasi proses pada stack tersebut. Network Functions yang sudah lulus sertifikasi akan lebih cepat untuk onboard dan digelar pada VMware Telco Cloud Platform, sehingga CSP dapat meraup pendapatan dengan lebih cepat. Hingga hari ini, terdapat lebih dari 35 mitra yang telah memperoleh sebanyak lebih dari 180 sertifikasi yang juga merupakan bagian dalam program yang ditawarkan ini.

Dalam kesempatan ini pula, VMware juga meluncurkan Telco Cloud Operations, yakni solusi untuk assurance yang telah terotomatisasikan dan beroperasi secara real-time. Solusi ini menjembatani kesenjangan yang terdapat pada jaringan virtual maupun fisik. Solusi ini menghadirkan pemonitoran dan manajemen performa yang holistik di beragam lapis jaringan, seperti SD-WAN, guna menghadirkan insight secara lebih cepat, memangkas biaya, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Solusi ini diintegrasikan dengan analitik berbasis machine learning dan dashboard laporan yang dapat dilihat dengan jelas guna menghasilkan assurance secara lebih proaktif. CSP dapat memiliki visibilitas operasi yang komprehensif di seluruh jaringan yang mereka miliki, karena solusi ini dilengkapi dengan Uhana dari VMware yang menghadirkan otomasi kecerdasan pada Radio Access Networks (RANs).

Latest News

Saingi TikTok, Snapchat Rilis Fitur Spotlight

Technologue.id, Jakarta - Snapchat meluncurkan fitur terbaru mereka bernama Spotlight untuk menyaingi ketenaran TikTok. Seperti pesaingnya itu, Spotlight bakal...

Ada Bug, Fleets Twitter Bisa Dilihat Meski Sudah Kadaluwarsa

Technologue.id, Jakarta - Fitur baru Twitter, Fleets dikabarkan mengalami bug. Mengakibatkan konten yang semestinya menghilang setelah 24 jam, kini bertahan lebih dari...

Pesta di Rumah Bos UBER Tanpa Masker!

Technologue.id, Jakarta - CEO Uber, Travis Kalanick, dilaporkan menggelar pesta dalam ruangan besar meski tengah pandemi. Pesta yang berlangsung di penthouse Kalanick...

Seorang Ibu Dikecam Lantaran Beri Makan Bayi dengan Nasi Daging

Technologue.id, Jakarta - Seorang ibu di Amerika Serikat dikecam netizen lantaran memberikan makanan yang tak wajar untuk putrinya. Mereka bahkan mengancam untuk...

Review Oppo Watch 41 mm (Wi-Fi): Tampil Menawan dengan Desain Stylish

Technologue.id, Jakarta - Oppo yang selama ini dikenal sebagai produsen smartphone yang fokus menyajikan fitur kamera, kini mulai melakukan berbagai diversifikasi produk....

Related Stories