Dropbox Paper Siap Bersaing dengan Google Docs

Technologue.id, Jakarta – Tak cuma Google saja yang memiliki sebuah platform office cloud yang bisa digunakan secara gratis oleh publik, kini Dropbox pun punya fitur serupa.

Dikutip dari NextPowerUp (30/01/17), baru-baru ini Dropbox meluncurkan sebuah fitur baru bernama Paper secara global. Layaknya Google Docs, Paper memungkinkan para pengguna Dropbox untuk saling mengedit dokumen teks secara bersamaan.

Tak hanya bisa mengedit dokumen yang berasal dari bawaan Dropbox, Paper juga memungkinkan pengguna untuk melakukan edit dan import file dari file Google Docs dan Microsoft Office yang tersimpan di dalam akun Dropbox.

Tak cuma dari sisi fungsionalitas, sasaran pasar Dropbox Paper pun sama dengan Google Docs, yakni untuk pengguna di kalangan enterprise. Untuk itu, walaupun bisa digunakan secara gratis, Dropbox juga menyediakan berbagai kelebihan bagi pengguna yang menggunakan layanan versi berbayar.

Hingga saat ini, Dropbox sendiri baru memiliki fitur Paper saja sebagai word processor yang bisa diakses secara online. Sementara jenis layanan office cloud lainnya seperti spreadsheet, slide, dan sebagainya masih belum tersedia.

Dropbox Paper sendiri pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2015 lalu. Setelah itu, versi public beta baru tersedia pada Agustus 2016. Dan kini, layanan tersebut sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Dropbox.

 

Baca juga:

Ini Cara Proteksi Google Chrome Anda dari Orang Asing, Sudah Tahu?

Firefox 51 Bisa Tandai Website yang Tak Aman

Chatting dengan Gebetan via Facebook Messenger Tak Akan Asyik Lagi