Technologue.id, Jakarta – Tahun 2017 sepertinya masih belum jauh dari kasus peretasan situs. Setelah laman resmi Telkomsel, Pengadilan Negeri Negara, dan subdomain Indosat, hari ini (28/05/17) dua korban baru jatuh. Mereka adalah situs milik Gereja Santo Arnoldus Jassen dan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

Dari pantauan redaksi, ada kesamaan “jejak” di antara dua situs yang masing-masing beralamat di http://parokiarnoldus.net/ dan https://www.driyarkara.ac.id/. Laman keduanya terpampang diklaim diretas oleh MrKeyzID Ft. WithoutName. Selain itu, terdapat pula keterangan tambahan berupa “Ramadhan Tiba. Hello Admin!! Me Tested You Website Don’t Panic!! Dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” serta gambar masjid lengkap dengan kalimat “Marhaban Yaa Ramadhan” di bawahnya.

Dua situs diretas di bulan Ramadan (source: Technologue.id)

Tak ketinggalan, situs itu turut memutar lagu berjudul Ramadhan Tiba yang disenandungkan oleh Opick. Lagu itu sendiri adalah satu dari beberapa lagu yang populer dan biasa diperdengarkan di tempat umum seperti mall di bulan suci Ramadan.

Ada tendensi, jejak yang sengaja ditinggalkan itu mengarah bahwa pelakunya adalah peretas muslim. Asumsi makin kuat karena Parokiarnoldus.net dan Driyarkara.ac.id semacam situs yang dimiliki atau dikelola oleh warga Nasrani. Namun, hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Kami akan mengabarkan kembali pada Anda terkait perkembangan kasus ini andaikata kami sudah mengantongi informasi yang lebih valid.

Sekadar informasi, Gereja Parokiarnoldus terletak di Jl. Cempaka Putih Indah 100A, Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Sedangkan Parokiarnoldus adalah perguruan tinggi swasta yang juga bertempat di ibu kota.

 

Baca juga:

Setelah Telkomsel, Hacker Isengi Indosat

Ahok Masuk Bui, Hacker Jahili Situs Pengadilan Negeri Negara RI

Kesal Harga Kuota Internet Mahal, Hacker Usili Situs Resmi Telkomsel