Duh, Apple AirDrop Bisa Bocorkan Data Pengguna

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Fitur berbagi file AirDrop dilaporkan memiliki celah keamanan. Temuan ini diungkap oleh tim peneliti Secure Mobile Networking Lab dan Cryptography and Privacy Engineering Group.

Dikatakan bahwa celah keamanan yang ada di AirDrop tidak bisa dianggap sepele. Sebab mampu membocorkan nomor telepon dan alamat email penggunanya, seperti dilansir dari Phone Arena, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga:

Apple Rilis iOs 14.4.2, Tambal Celah Keamanan di Safari


“Yang hacker butuhkan hanyalah perangkat berkemampuan Wi-Fi dan kedekatan fisik dengan target yang sedang menggunakan fitur AirDrop di perangkat iOS atau macOS,” kata tim peneliti dalam keterangan resminya.

Para peneliti menyebut, masalah utama kerentanan yang ada pada AirDrop ini terletak pada mekanisme hashing. Fitur keamanan yang dapat menyamarkan nomor telepon dan email ini masih dinilai sangat lemah.

Mekanisme hashing buatan Apple masih bisa diintip oleh pihak lainnya. Hal ini tentu memungkinkan data pengguna dapat dengan mudah dibobol meskipun dengan cara yang sangat sederhana sekalipun.

Baca Juga:

Bos Signal: Peretas Smartphone Cellebrite Tak Setangguh Kelihatannya


Hashing ini bisa dengan mudah dikembalikan ke bentuk teks aslinya dengan teknik sederhana seperti serangan brute force,” jelas tim peneliti yang diketahui berasal dari Darmstadt, Jerman.

Lebih lanjut dikatakan, ada lebih dari 1,5 miliar perangkat Apple yang dapat terkena dampak dari celah keamanan ini. Namun sayangnya Apple hingga saat ini belum memberikan tanggapan secara resmi.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories