search-bar

Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Telco News Latest News Headline

Dukung Industri Game, Smartfren Luncurkan Paket Internet Gaming Bebas Worry

byChoiru Rizkia - editorChoiru Rizkia Jun 29, 2022

Technologue.id, Jakarta - Salah satu subsektor ekonomi kreatif yakni game development diyakini memiliki prospektif ke depan untuk membangkitkan ekonomi.

Indonesia adalah salah satu pasar industri gim terbesar di dunia. Terutama gim mobile atau permainan video yang dimainkan melalui telepon seluler, komputer tablet, ataupun konsol.

Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain video game terbanyak ketiga di dunia. Laporan tersebut mencatat ada 94,5% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia yang memainkan video game per Januari 2022.

Baca Juga:
Smartfren Dorong Transformasi Masyarakat Digital

Dukungan untuk memajukan industri game lokal pun senantiasa digaungkan oleh berbagai usaha mulai dari publisher, vendor ponsel, e-commerce, startup, hingga operator seluler.

Melihat jumlah gamer yang semakin meningkat, Smartfren meluncurkan kartu perdana dan paket internet terbaru yang menyasar kalangan gamer. Diberi nama Smartfren Gaming, produk ini menawarkan kuota bermain game online terkenal bagi anak-anak muda penggemar eSports.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren menjelaskan bahwa Smarfren gaming dihadirkan untuk mendukung pengembangan ekosistem esports di Indonesia. Ini merupakan kartu perdana pertama dari perusahaan yang tersedia untuk gaming.

"Smartfren berniat mendukung industri eSports tanah air. Keistimewaan kartu perdana ini adalah pelanggan akan mendapatkan kuota langsung 7GB yang bisa digunakan untuk main game-game populer di Indonesia," ujar Djoko dalam acara konferensi pers secara offline di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Kuota game tersebut dapat dipakai untuk mengakses judul-judul populer, yaitu Free Fire, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, PUBG Mobile, Mobile Legends, Asphalt, Modern Combat, serta Ludi Games. Harga paket internet yang ditawarkan pun terbilang terjangkau.

"Dengan Rp16.000, bisa mendapatkan kartu perdana yang berlaku selama 10 hari. Pelanggan juga mendapat keuntungan berupa kuota gaming 7 GB, kuota utama 1 GB, dan 12 diamond yang bisa dipilih untuk salah satu game, FreeFire atau Mobile Legends," tuturnya.

Baca Juga:
Smartfren Gelar Turnamen eSports Free Fire, Hadiahnya Bukan Cuma Uang

Selanjutnya pelanggan dapat mengisi ulang menggunakan paket gaming seharga Rp16.000 dengan masa aktif 7 hari untuk mendapatkan manfaat berupa kuota utama kuota gaming 7 GB, kuota utama 0,5 GB, dan pilihan 50 diamond FreeFire atau 28 diamond Mobile Legends.

"Tidak hanya dari sisi kuota dan network, user juga bisa menikmati diamond yang disediakan tanpa harus transaksi," kata Fredy Lo, VP Strategic Partnership Smartfren, dalam kesempatan acara yang sama.

Kartu perdana Smartfren Gaming sudah bisa didapatkan secara online melalui berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada, atau secara offline di Indomaret.

Penjualan Smartfren Gaming melalui jaringan ritel Indomaret dikatakan untuk menyasar kalangan entry-level yang ingin tetap asyik bermain game namun tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam.

"Kita sudah lihat anak-anak yang tertarik eSports itu biasanya mereka datang ke minimarket, belinya mingguan, budgetnya kurang lebih sekitar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. Dari situ kita specifically benar-benar menyasar mereka, karena mereka ini future atlets ya. Jadi kita buat (paket internet gaming) se-affordable mungkin," ungkap Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, ditemui usai konferensi pers secara offline di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga:
Facebook Kini Sediakan Fitur Pembelian Paket Data Smartfren

Di sisi lain, Smartfren juga berharap dapat terus mendorong industri kreatif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari developer, esports player, talent caster, dan content creator.

Sebagai upaya mendukung pengembangan esports di Indonesia, Smartfren berkolaborasi dengan tim esports Genesis Dogma untuk mengadakan turnamen Scouting Ground Free Fire.

Melalui ajang pencarian bakat ini, Smartfren membuka peluang anak-anak muda Indonesia untuk berkompetisi dan naik level menjadi esports pro-player untuk games Free Fire.

Brand smartphone global, Infinix juga turut mendukung ajang tersebut dengan menyediakan smartphone gaming terbarunya sebagai hadiah yang bisa dibawa pulang tim pemenang.

#Smartfren #Gaming #IndustriGaming #SmartfrenGaming

Baca Juga