DxOMark Menguji Kamera iPhone SE (2020), Gimana Hasilnya?

Technologue.id, Jakarta – Situs benchmarking DxOMark baru saja merilis ulasan mengenai kekuatan kamera utama dan kamera selfie di iPhone SE.

Meski dicap sebagai iPhone versi murah, namun iPhone SE mengadopsi hardware kamera yang menyerupai iPhone XR. Yaitu sensor 12MP dengan aperture f/1.8, phase-detection autofocus, Optical Image Stabilization (OIS), dan zoom digital hingga 5X.

Baca Juga:
iPhone SE 2020 Nongol di Situs Apple Indonesia, Pertanda Hadir?

Sementara itu, kamera selfie dibekali sensor 7MP dengan aperture f/2.2 dan lensa fokus tetap. Dalam standar kamera smartphone saat ini, fitur-fitur tersebut memang merupakan pengaturan yang sangat mendasar.

Menurut DxOMark, secara keseluruhan, iPhone SE sangat baik dalam pengukuran pencahayaan dan kontras. HDR otomatis bekerja baik dalam bidang ini, sehingga mampu menghasilkan gambar indoor dan outdoor yang cemerlang. Warna adalah kekuatan untuk iPhone SE. Dikutip dari GSM Arena (25/6/2020), keseimbangan warna dan saturasi diklaim on-point.

Di sisi lain, Autofokus bekerja secara kuat, cepat, dan konsisten, meskipun ketajaman lebih jelas dalam bidikan cahaya rendah. DxOMark menilai, Noise dan tekstur menjadi salah satu kelemahan pada kamera di iPhone SE.

Baca Juga:
Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2020

Sensor 12MP saat ini disaingi oleh sensor resolusi tinggi yang menggunakan pixel binning untuk mengurangi noise dan meningkatkan kinerja cahaya rendah. Noise dan minim detail akan lebih jelas terlihat pada bidikan di dalam ruangan (indoor) atau kontras tinggi.

DxOMark juga mencatat, fotografi low-light bukanlah kekuatan iPhone SE. Tidak ada Night mode khusus pada SE.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories