Elon Musk: AI Bakal Tandingi Kecerdasan Manusia di 2025

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Elon Musk kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Kali ini, ia menyebut pada tahun 2025 artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) akan mampu menandingi kecerdasan manusia.

Dalam pernyataan yang dikutip dari The Independent (1/8/2020), CEO Tesla itu mengatakan, “Kita menuju situasi di mana AI akan jauh lebih pintar daripada manusia. Saya pikir jangka waktunya kurang dari lima tahun dari sekarang.”

Baca Juga:

Susah Dieja, Elon Musk Ubah Nama Anak

Pernyataan Musk ini lebih cepat dari yang diperkirakan seorang peneliti bernama Ray Kurzweil. Dimana dalam penelitiannya ia berkesimpulan bahwa AI akan mulai menggantikan peran manusia di tahun 2045.

Meski begitu, Musk menyebut hal ini bukanlah akhir dari segalanya. Ia hanya ingin mengingatkan bahwa segala sesuatu bisa saja menjadi buruk, tidak stabil dan aneh jika manusia terus membiarkan dan tidak mensiasati kemajuan teknologi yang terjadi.

Baca Juga:

Elon Musk Bakal Sematkan Chip di Otak untuk Streaming Musik

“Mengapa AI diabaikan oleh orang-orang yang sangat pintar, menurut saya, mereka tidak berpikir bahwa komputer dapat menjadi sepintar mereka. Ini sifat angkuh dan jelas salah,” ujarnya.

Musk sendiri pada tahun 2016 pernah mengeluarkan pernyataan bahwa manusia akan diperbudak oleh AI. Menurutnya hal ini akan terjadi jika kita tidak menemukan teknologi yang bisa menghubungkan otak manusia ke komputer.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories