Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Erika Hutapea Beberkan Tugas Data Analyst Tokopedia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia mendukung perkembangan talenta digital lewat berbagai program demi memajukan ekosistem industri teknologi Indonesia.

Salah satunya melalui talk show inspiratif, bertepatan dengan HUT ke-11 Tokopedia 17 Agustus 2020 silam, bersama salah satu pakar teknologi perempuan, yaitu Data Analyst Lead Tokopedia, Erika Hutapea (28).

Erika berbagi pengalaman dan pengetahuan selama berkarya di bidang teknologi. Khususnya untuk lebih memberdayakan pegiat usaha di Indonesia terutama UMKM dalam berbisnis daring.

Perkembangan industri teknologi yang sangat pesat dan tingginya permintaan terhadap talenta digital membuat Erika tertarik untuk terjun ke dunia teknologi. Ia memulai karir sebagai Data Analyst Tokopedia sejak akhir 2017.

“Tokopedia adalah ekosistem yang tepat untuk mengembangkan talenta digital di Indonesia. Selama ini, kami terus ditanamkan memiliki Growth Mindset, salah satu DNA Tokopedia, agar dapat terus mengintegrasikan teknologi guna membawa dampak lebih besar, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Erika saat ini dipercaya memimpin tim Data Analyst untuk TopAds di Tokopedia. Praktiknya, Erika bersama tim membantu mengoptimalkan penjualan para pegiat usaha di Indonesia yang bergabung bersama Tokopedia, terutama yang sudah menggunakan fitur TopAds, melalui pemanfaatan big data.

TopAds adalah fitur Tokopedia yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan dengan menampilkan produk yang dijual tampil pada peringkat teratas.

Menurut Erika, data analyst berperan mengatur produk apa saja yang menarik perhatian pembeli, serta memastikan bahwa setiap penjual memiliki kesempatan yang sama untuk terekspos ke lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

“Seorang data analyst adalah seorang konsultan. Kami bertugas memberikan informasi kepada penjual mengenai keyword yang sedang menjadi tren sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan mereka,” tambah Erika.

Ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang data analyst. Salah satunya kemampuan berpikir logis dan terstruktur. Kemampuan teknis seperti matematika, bahasa pemrograman, serta pengetahuan bisnis, di sisi lain juga tidak kalah penting.

Erika juga selalu percaya bahwa bidang teknologi adalah bidang karir yang tidak memandang gender, melainkan kemampuan. “Tidak peduli perempuan atau laki-laki, kami di Tokopedia selalu diberikan ruang yang sama dalam berkarya untuk Indonesia melalui teknologi,” tutup Erika.

SHARE:

Permudah Transaksi Konsumen, Tokopedia Luncurkan Fitur Baru 'Ambil di Tempat'

Tokopedia Fashion Market Jadi Panggung Khusus Brand Lokal