Technologue.id, Jakarta – Pemain baru di dunia smartphone, Essential rupanya memiliki komitmen yang wajib dianggap serius kedepannya. PH-1 yang akan menjadi perangkat pertamanya nanti, diklaim akan terus mendapat pembaruan keamanan (security update) di setiap bulannya.

Komitmen yang dilontarkannya tersebut secara ekslusif disampaikannya pada laman Android Guider (4/6/2017). Secara ringkas, pihaknya berkomitmen untuk rutin memperbarui keamanan dari PH-1 di setiap bulannya, seperti yang dilakukan Google terhadap Pixel.

“Kami berkomitmen untuk rutin memperbarui keamanan, dan target kami adalah di setiap bulannya,” ucap pihak Essential. Ucapan tersebut terlontar ketika perusahaan ditanya mengenai penanangan mereka terhadap security patch yang diluncurkan oleh Google untuk sistem operasi Android.

Komitmen tersebut tentu terbilang sangat bagus, terlebih dari sebuah OEM baru. Namun, nampaknya hal itu tidak akan semudah membalikan telapak tangan.

Pasalnya, sang raksasa Android saja, Google, hanya mampu meluncurkan patch bagi 48 model smartphone di seluruh dunia. Tentu jumlah tersebut sangatlah sedikit, mengingat lebih banyak model smartphone yang telah tersebar ke seluruh pelosok bumi.

Sehingga, Essential berkemungkinan besar akan mirip seperti OEM lainnya, yang tidak dapat menepati komitmen mereka mengenai penghadiran patch ke perangkat yang diluncurkan. OEM tersebut lebih disarankan untuk menghadirkan software yang memiliki keamanan tinggi, dibandingkan patch yang ketepatan waktunya sangat diragukan.

Baca juga:

Ada Ponsel Unik yang Layarnya Terlihat Lebih Luas dari S8

Inikah Performa Smartphone Modular Buatan Mantan Pencipta Android?

Awal Tahun 2017, Trio Vendor Smartphone China Catatkan Rekor Positif