Technologue.id, Jakarta – Facebook dan Instagram terus menindak tegas terhadap penayangan konten soal produk tembakau seperti rokok, rokok elektrik (vape), hingga senjata tajam di dalam platformnya.

Dilansir dari Ubergizmo (18/12/2019), Kedua jejaring sosial ini dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan baru yang melarang influencer melakukan promosi berbayar untuk produk-produk yang berkaitan dengan senjata, tembakau, dan vape. Aturan baru ini mulai berlaku dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga:
Cegah Bullying, Instagram Luncurkan Fitur Caption Warning

Jika ada influencer yang kepergok melanggar, Facebook dan Instagram tak pandang bulu bakal memblokir akun media sosialnya tersebut.

Menurut Instagram, ini merupakan pertama kalinya mereka menerapkan pembatasan terkait dengan jenis barang apa yang dapat dipromosikan dan menyangkut konten brand.

Di satu sisi, platform berbagi video dan foto itu telah mendapat kecaman karena membiarkan pengguna, khususnya influencer, untuk menayangkan konten promosi semua jenis produk yang dinilai tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:
Instagram Haruskan Pengguna di Atas 13 Tahun

Awal tahun ini, perusahaan juga telah mengumumkan pembatasan khusus sehubungan dengan posting promosi yang melibatkan produk diet dan kosmetik kepada pengguna di bawah usia 18 tahun.

Sementara itu, Instagram juga telah meluncurkan tool baru untuk membantu mencegah pengguna dari posting ofensif dan berita palsu.