Facebook, Instagram Tumbang, Ini Penyebabnya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Facebook, WhatsApp, dan Instagram sempat tumbang. Bukan hanya di indonesia, peristiwa ini juga terjadi di sejumlah negara lainnya.

Mengutip BleepingComputer, Rabu (5/10/2021), penyebabnya ada di DNS (Domain Name System). Terjadi kesalahan konfigurasi di DNS sehingga situs tidak dapat diakses.

Baca Juga:

Mark Zuckerberg Sebut Warga Dunia Butuh Facebook, Whatsapp, dan Instagram

DNS sendiri merupakan sistem yang menerjemahkan nama situs web menjadi IP address yang dapat dibaca oleh komputer. DNS adalah buku telepon internet.

“Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics,” demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Para pengguna juga melaporkan aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi dan muncul tulisan “Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.”

Baca Juga:

Apes, Mark Zuckerberg Rugi Rp 99 Triliun Imbas Facebook Down

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui bagaimana bisa terjadi kesalahan konfigurasi di DNS. Mungkin saja ini merupakan hasil perubahan internal atau pembaruan yang salah.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories