Technologue.id, Jakarta – Keinginan raksasa teknologi Facebook untuk membuat sistem operasi (OS) sendiri sepertinya akan segera direalisasikan. Pasalnya, Facebook telah merekrut pengembang software yang dulunya pernah merancang OS Microsoft Windows NT, Mark Lucovsky.

Dilansir dari TechCrunch, Lucovsky ditugaskan untuk membuat OS Facebook dari nol. VP Hardware Facebook, Andrew ‘Boz’ Bosworth, mengatakan, “Rasanya kami tidak bisa percaya pada marketplace atau kompetitor untuk memastikan hal tersebut. Jadi, kita akan membuat peluang itu sendiri serta memastikan generasi masa depan masih punya ruang untuk kami.”

Baca juga:

Facebook dan Instagram Bakal Blokir Influencer yang Promosikan Vape dan Rokok

Saat ini Facebook sedang di tahap eksplorasi untuk memungkinkan untuk membuat OS sendiri, termasuk menjalin kemitraan dengan perusahaan lain atau membangun OS kustom khusus teknologi AR. Yang mana Facebook sendiri memiliki perangkat keras (hardware) seperti headset VR Oculus dan kacamata Augmented Reality (AR) sebagai bagian dari divisi pengembangan.

Informasi mengenai OS Facebook sayangnya masih sedikit, tetapi laporan mencatat bahwa perangkat Oculus dan portal Facebook sendiri masih dijalankan pada sistem android yang dimodifikasi.