Technologue.id, Jakarta – Sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang mencoba untuk membuat smartphone modular namun belum bisa terwujud. Namun hal tersebut tak membuat Facebook menghentikan langkahnya.

Mengutip dari NextPowerUp (22/07/17), Facebook baru-baru ini digosipkan tengah mengembangkan sebuah smartphone modular yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengganti sebagian komponennya.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya sebuah paten dari Facebook yang menjelaskan sedikit tentang perangkat modular yang mereka sebut “electromagnetic device”.

Paten tersebut belum banyak menjelaskan soal spesifikasi dari smartphone yang akan dibuat. Namun, di dalamnya sudah disebutkan beberapa komponen yang bakal hadir, seperti GPS, mikrofon, dan layar touchscreen.

Layaknya Project Ara buatan Google, smartphone buatan Facebook itu diposisikan sebagai perangkat alternatif dari berbagai smartphone yang sudah ada di pasaran yang masih mengusung typical closed-system.

Dengan mengusung sistem modular, pengguna tak perlu membeli sebuah smartphone baru jika hanya ingin meningkatkan spesifikasinya, cukup dengan membeli modulnya secara terpisah.

 

Baca juga:

Ini Emoji Favorit Pengguna Facebook Indonesia, Favorit Anda Juga Kah?

Tahun Ini, Anda Bisa Melihat, Mengirim, dan Menerima ‘T-Rex’!

Video Call Via Facebook Messenger Kini Bisa Pakai Filter dan Topeng!