Facebook Messenger Jadi Sedikit Lebih Canggih Ketimbang Instagram

Messenger Day (source: Facebook)

Technologue.id, Jakarta – Kalau Anda masih ingat, bulan lalu, Facebook menyediakan fitur Stories ala Snapchat ke Messenger. Hadirnya fitur bernama Messenger Day itu melengkapi platform milik Facebook Inc. yang ditanami dengan ‘Stories’, setelah Instagram dan WhatsApp.

Akan tetapi, ada yang membuat Messenger selangkah lebih maju ketimbang dua saudaranya itu. VentureBeat (08/04/17) mengendus kalau Anda sudah bisa mengakses Messenger Day yang diunggah teman atau kerabat Anda via desktop.

Mengakses Messenger Day di desktop (source: VentureBeat)

Dengan membuka Messenger.com, yang mana adalah versi web dari aplikasi chatting tersebut, Anda dapat mengetahui aktivitas atau pesan lain yang diberitahukan oleh user di kontak Messenger Anda tanpa perlu menghabiskan paket data ponsel. Jadi, tinggal buka laptop dan sambungkan dengan koneksi Wi-Fi saja.

Namun, ada sedikit perbedaan saat menikmati ‘Stories’ di aplikasi Messenger dan web. Di Messenger.com, tidak ada konten ‘Stories’ yang berbaris seperti di Instagram. Untuk itu, Anda harus mencari user yang dituju demi bisa mengakses video atau foto yang mereka bagikan di Messenger Day.

Tetapi, tak usah khawatir. Facebook tak akan membiarkan Messenger Day orang yang mungkin Anda pedulikan begitu saja. Mereka bakal memberikan notifikasi di bagian atas dialog box semacam “Watch [nama user]’s day” untuk membuat Anda tertarik atau penasaran membukanya. Ada tombol skip juga barangkali Anda ingin meloncat dari satu konten ke konten lainnya.

Yang jadi kelemahan dari akses via desktop ini adalah, Anda tidak dapat mengunggah Messenger Day alias cuma akan jadi penonton konten orang lain. Wajar saja, mungkin Facebook beranggapan bahwa memproduksi Messenger Day via smartphone atau tablet lebih fleksibel ketimbang lewat web.

Dari pantauan redaksi, Facebook memang belum memberikan pernyataan resmi soal kehadiran fitur ini. Namun tampaknya, tak lama lagi fitur Messenger Day di desktop akan segera diresmikan.

 

Baca juga:

Begini Cara Menggunakan Messenger Day

Cara Facebook Cegah Orang Bunuh Diri

Cara Memakai Live Location, Fitur Messenger untuk Berantas “OTW Bro!”