Technologue.id, Jakarta – Video adalah konten paling seksi untuk tahun ini dan mungkin untuk beberapa waktu mendatang pula. Kebetulan, Snapchat berhasil menjadi salah satu pemrakarsa era ini setelah berhasil menggoda remaja untuk menggunakan aplikasinya yang dijejali beragam filter menarik itu. Sayang, Facebook Inc. tampak tak sepenuhnya senang dengan posisi tinggi Snapchat sekarang ini.

Buktinya, pasca mengadopsi fitur Stories untuk Instagram, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg tersebut kembali ‘mencari gara-gara’ dengan Evan Spiegel cs dengan mengumumkan produk teranyar mereka, Lifestage.
Apa itu Lifestage? Gampangnya, Lifestage adalah biodata online berbasis video ciptaan Michael Sayman, seorang remaja 19 tahun, yang ditujukan untuk netizen dari kalangan remaja pula.

Namun, Anda tak akan menemui filter lucu ala Snapchat di sana. Aplikasi yang saat ini masih tersedia untuk iOS tersebut mempersilakan penggunanya untuk merekam dan mengunggah beberapa macam hal serta aktivitas pribadi mereka, misalnya makanan favorit, hobi, hingga suatu hal yang tidak disukai.

Mengutip TechCrunch (19/8/16), Lifestage sebenarnya dibuat untuk anak muda, tepatnya berumur 22 tahun ke atas, agar mereka bisa mengenal dan memahami teman-teman seusianya lebih baik. Fungsinya sebenarnya sama dengan lembaran biodata yang populer di era 90-an maupun sebelumnya, tetapi sekarang lebih modern saja.

- Advertisement -

Tampilan Lifestage

Lifestage memang tak bisa dipakai untuk chatting maupun me-like video user lain. Selain mengunggah konten pribadinya, penggunanya cuma diizinkan untuk mengetahui berapa orang yang telah menonton video mereka, walau tetap saja mereka tak tahu dengan mendetail siapa saja pemirsa setianya itu.

Keamanan pun menjadi prioritas di sini. Semisal user merasa terganggu dengan pengguna lain, memblokir dan melaporkannya hanya dibutuhkan satu usapan simpel saja.

Sayman sendiri bukanlah developer kemarin sore. Kendati usianya masih muda, ia pernah membuat aplikasi viral semacam 4Snaps. Dua tahun yang lalu pun remaja berambut pirang itu sudah magang di Facebook selama tiga bulan berkat tawaran langsung yang datang dari sang CEO. Kini, Sayman tercatat sebagai Product Manager termuda di Facebook.

Michael Sayman berfoto bersama Mark Zuckerberg (source: socialmediatoday.com)
Michael Sayman berfoto bersama Mark Zuckerberg (source: socialmediatoday.com)

Kalau berminat mencoba Lifestage, silakan unduh lewat link berikut.

 

Baca juga:

MERDEKA DARI STATUS JOMLO, PAKAI GIF DAN EMOJI DI TINDER!

 CARA FACEBOOK AMANKAN ANDA DARI BERITA SAMPAH