Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Facebook Siapkan Berbagai Aktifitas dan Program Selama Bulan Ramadan
SHARE:

Technologue.id - Berdasarkan hasil survey online yang dikeluarkan oleh Facebook baru-baru ini, 83% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan mengatakan bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan dan 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan.

“Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk merayakan kebersamaan. Membangun hubungan
yang lebih bermakna, interaksi yang lebih bermanfaat, dan menyebarkan lebih banyak kasih sayang
untuk komunitas. Selama ini percakapan dan perayaan di bulan Ramadan semakin banyak terjadi di
online, dan di situasi COVID-19 seperti saat ini, interaksi online pun semakin meningkat karena ruang
keluarga telah berubah menjadi suatu pengalaman digital untuk berkomunikasi, mencari informasi,
bekerja dan belajar,” ujar Pieter Lydian, Country Director untuk the Facebook Company di
Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Facebook telah menyiapkan berbagai aktivitas dan program selama bulan Ramadan yang dapat memberikan kesempatan bagi orang-orang di Indonesia untuk membangun interaksi dan diskusi yang bermakna selama bulan suci ini. Facebook juga memberikan peluang bagi brands dan UMKM untuk dapat tetap menjangkau pelanggan mereka dengan efektif dan menjadi bagian dari pembicaraan seputar Ramadan di online.

Berikut adalah beberapa aktivitas #RamadandiFacebook:

Kampanye “Jaga Jarak, tetap Semarak”

  • Sebuah kampanye yang sejalan dengan misi kami untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk membangun komunitas dan membangun interaksi yang bermakna.
  • Beberapa aktivitas yang akan dilakukan melalui kampanye ini:
    • Bazaar di Rumah: Selama bulan Ramadan, kami membantu para pelaku UMKM untuk tetap bisa mendapatkan kesempatan melalui platform kami. Melalui Virtual Bazaar, kami membantu para pelaku UMKM untuk menjual barang-barang mereka dan menemukan pelanggan yang sesuai dan membutuhkan barang-barang tersebut.
      Virtual Bazaar ini akan ditayangkan melalui platform Facebook.
    • Belajar Digital di Rumah: Belajar untuk meningkatkan kemampuan digital marketing bersama Facebook.
    • Kreasi di Rumah: Bekerjasama dengan beberapa mitra, kami akan memberikan informasi seputar COVID-19 dengan cara yang kreatif agar mudah dipahami oleh publik.

Bantuan bagi Pemilik Bisnis

  • Kesehatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas utama kami, namun dampak dari pandemi virus ini dirasakan oleh komunitas kami di seluruh dunia - dan inti kehidupan dari komunitas lokal ini adalah bisnis kecil. Kami mendengar para pelaku bisnis dan memahami bahwa dukungan finansial sangat berarti untuk jangka waktu yang cukup panjang.
  • Itulah mengapa kami mengalokasikan 100 juta dollar AS untuk membantu 30.000 UMKM di seluruh dunia.
  • Kami akan memulainya di lebih dari 30 negara dimana kami beroperasi, termasuk Indonesia. Dapatkan perkembangan terkini melalui bantuan ini di: Facebook.com/grantsforbusiness.
  • Kami mendukung bisnis dalam berbagai skala dengan cara apa pun yang kami bisa. Kami fokus untuk memudahkan mencari bantuan, pelatihan, dan dukungan. Kami membuatnya mudah untuk menemukan sumber daya yang kami - dan komunitas perawatan kesehatan - miliki melalui Business Resource Hub: Facebook.com/resource.

Program #RamadanBareng bersama kreator dan stasiun televisi

  • Sepanjang bulan Ramadan, kami bekerjasama dengan para kreator dan penyedia konten untuk membuat konten-konten yang relevan dan menarik agar pengalaman Ramadan di Facebook semakin menyenangkan dan bermakna, meski kita semua harus tetap berada di rumah dan menjaga jarak.
  • Berbagai program #Ramadanbareng yang sedang kami siapkan antara lain acara musik, acara memasak, siraman rohani dan masih banyak lagi

Facebook Gaming

  • Facebook ingin agar para pecinta game dan game creators dapat tetap saling terhubung selama menjalani ibadah di bulan Ramadan di rumah.
  • Para gamers dan game creators kini dapat memanfaatkan fitur terbaru “Tournament”, fitur yang memungkinkan mereka mengundang komunitas gamers untuk bertanding. Selama permainan berlangsung, para gamers juga dapat menikmati Ramadan overlay, virtual gifts dan notifikasi bertemakan Ramadan.
  • Di tengah situasi COVID-19 ini, para gaming creators juga memiliki inisiatif untuk membantu para tenaga medis yang tengah berjuang merawat para pasien. Selama melakukan streaming, para creators mengajak para penggemarnya untuk melakukan donasi melalui Kitabisa.com untuk kemudian disalurkan kepada para tenaga medis. Donasi akan dibuka hingga 30 April mendatang.

Nas Daily: Stories of Ramadan

  • Creators di Facebook membuat perubahan dalam hal relasi dengan penggemar melalui interaksi yang lebih dekat dan personal – melalui Grup, Stories, dan integrasi ke Instagram. Hal ini menjadikan mereka host yang ideal untuk membawakan program kami ‘Stories of Ramadan’, sembari juga membahas momen yang spesial ini bagi para penggemar mereka.
  • Sejalan dengan momen Ramadan, Facebook telah bekerja sama dengan content creator Nas Daily untuk memproduksi sebuah serial ‘Stories of Ramadan’ – yang menyajikan 8 episode yang membawa para penonton untuk melihat ragam aspek dalam momen Ramadan, mulai dari ibadah puasa hingga donasi sukarela. Serial ini juga akan menampilkan cara unik masyarakat di seluruh dunia dalam merayakan Ramadan. Program ini akan tayang perdana pada Kamis, 23 April di Halaman Facebook Nas Daily Bahasa Indonesia.
  • Serial ‘Stories of Ramadan’ dari Nas Daily menampilkan beragam komunitas lokal di Indonesia
    • Nas Daily bekerja sama dengan grup komedian Indonesia, Cameo Project, yang akan menyajikan bahasan ringan seputar tantangan selama berpuasa.
    • (Deskripsi lebih lanjut tentang kolaborasi Nas dan Cameo):
      Episode ini akan ditampilkan dalam bentuk berbagai sketsa mini yang menunjukkan bagaimana orang Indonesia merayakan Ramadhan. Dengan nuansa komedi, kontennya berfokus pada aspek-aspek yang dekat dengan Ramadan, sepertiperjuangan puasa selama sehari, memutuskan apa yang harus dinikmati untuk berbuka puasa dan sulitnya bangun pagi untuk sahur. Episode ini juga akan menampilkan gambaran akurat tentang apa yang sebenarnya terjadi selama bulan Ramadhan, dikemas dengan cara yang menyenangkan dan menghibur bagi para pemirsa.

Instagram

  • Di Indonesia, penggunaan kata ‘donasi’ meningkat hingga 300% selama sebulan terakhir menjelang bulan suci Ramadan tahun ini.
  • Ramadan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku bisinis di Instagram. Instagram mengungkapkan 10 hashtag terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri yang paling banyak dicari oleh pengguna di Indonesia, yaitu:
    • #lebaran
    • #gamis
    • #dirumahaja
    • #hijab
    • #bajulebaran
    • #syari
    • #mukenacantik
    • #bajumuslim
    • #alwahijab
    • #bajumurah
  • Terinspirasi dari data penggunaan kata ‘donasi’ yang terus meningkat, Instagram kembali menyelenggarakan kampanye global #MonthofGood atau #BulanKebaikan tahun ini. Di bulan suci Ramadan, kami ingin mengajak pengguna kami di seluruh dunia untuk mengingat hal yang baik dan berbagi kebaikan di Instagram.
  • Melalui kampanye bertema #MonthofGood ini, Instagram meluncurkan beberapa inisiatif di Indonesia untuk membantu masyarakat menjalankan tradisi Ramadan mereka selama #dirumahaja:
    • AR Filter RayakandiInstagram 1 dan RayakandiInstagram 2
      Instagram bekerja sama dengan kreator anak bangsa, Noorman Fakhrizal (@karetsatu) untuk meluncurkan AR Filter Ramadan Instagram pertama di Indonesia bertema RAYAkandiInstagram pada tanggal 23 April 2020. Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram berharap para pengguna bisa tetap mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, dan bersilaturahmi secara virtual dengan cara yang mudah dan menyenangkan. @karetsatu menciptakan dua buah filter, antara lain:
      • RAYAkandiInstagram 1: Memberikan ide-ide kebaikan virtual yang bisa mereka lakukan sepanjang bulan Ramadan ini tanpa harus bertatap muka, misalnya menyapa teman lama yang sudah lama tidak bertemu, menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang telah menginspirasi mereka, dan masih banyak lagi.
      • RAYAkandiInstagram 2: Mengajak pengguna membagikan tradisi Ramadan mereka seperti pilihan menu takjil favorit mereka, kegiatan ngabuburit favorit mereka, dan sebagainya.
    • Serial IG Live Ngabuburit di Instagram
      Instagram akan mengadakan serial IG Live bertajuk Ngabuburit di Instagram selama 7 hari berturut-turut mulai dari tanggal 27 April - 3 Mei 2020. Di program ini, Instagram bekerja sama dengan beberapa selebriti tanah air untuk berbagi ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja. Selain berbagi inspirasi kegiatan Ramadan, para selebriti yang terlibat juga akan mengajak followers mereka untuk berdonasi membantu para pahlawan garda terdepan COVID-19.
    • Akademi Instagram #dirumahaja
      Sebagai bagian dari komitmen Instagram dalam membantu UMKM yang saat ini tengah berjuang menjaga kelangsungan bisnis mereka, Instagram akan menghadirkan kembali program pelatihan bisnis kami, Akademi Instagram. Kali ini, Akademi Instagram akan diadakan secara virtual bertajuk Akademi Instagram #dirumahaja. Kurikulum Akademi Instagram #dirumahaja juga disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis di tengah perubahan yang dibawa oleh COVID-19. Dalam program ini, Instagram kembali bekerja sama dengan mitra kreatif kami, Kreavi, dalam menghadirkan kurikulum bisnis memberikan pelatihan, tips dan trik kreatif bagaimana pebisnis bisa menjaga interaksi serta komunikasi dengan calon pelanggan menggunakan berbagai fitur Instagram. Kami terus berupaya untuk menyediakan kesempatan yang sama bagi para UKM dan mendukung mereka untuk melewati masa-masa sulit ini. Dengan demikian, para UKM di Indonesia bisa terus bertumbuh dan menjaga kelangsungan bisnis mereka. Tunggu informasinya lebih lanjut di akun Instagram @kreavi.

SHARE:

20 Tahun Facebook, Dari Asrama Harvard hingga Perusahaan Senilai USD1 Triliun

5 Novel Romantis ini Disukai Netizen