Technologue.id, Jakarta – Belum lama ini, Facebook mengumumkan tengah berencana meluncurkan fitur baru berupa parental control. Fitur tersebut nantinya akan digunakan untuk aplikasi Messenger Kids yang ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Dilansir dari Mashable (5/2/2020), Manajer Produk Facebook, Morgan Brown, menjelaskan bahwa ada lima fitur baru yang tersedia di Parent Dasboard yang dapat diakses orang tua dari aplikasi Facebook iOS dan Android. Fitur tersebut dimaksudkan untuk membantu orang tua mengelola pengalaman anak mereka di Messenger Kids.

Baca Juga:
Cuek Disinformasi, Politisi Hillary Clinton Kritisi Facebook

Fitur pertama memungkinkan orangtua untuk melihat dengan siapa anak mereka berbicara, riwayat selama periode 30 hari, dan apakah interaksi termasuk obrolan video dan mengirim pesan. Kemudian fitur kedua memungkinkan foto dan video terbaru dikirim dan diterima oleh seorang anak untuk dilihat dan dihapus jika diperlukan.

Melalui fitur ke tiga, memungkinkan untuk melihat siapa yang dilaporkan atau diblokir oleh anak yang merupakan kelanjutan dari fitur yang ada di mana orangtua diberi tahu melalui Messenger ketika anak mereka melaporkan atau memblokir seseorang. Selanjutnya, fitur keempat memungkinkan untuk melihat daftar perangkat yang digunakan oleh sang anak untuk masuk ke Messenger Kids.

Baca Juga:
Google Bongkar Pendapatan Tahunan YouTube di 2019

Fitur yang terakhir adalah memungkinkan orangtua untuk mengunduh informasi sang anak, termasuk daftar kontak anak, pesan, gambar, dan video yang telah mereka kirim dan terima. Nantinya, anak akan diberi tahu melalui Messenger Kids bahwa informasi telah diminta.

Facebook sendiri belum mengungkapkan apakah aplikasi pesan instan untuk anak-anak itu akan dimasukkan dalam rencana enkripsi. Namun, Facebook menyebut akan memberitahukan pengguna tentang jenis Informasi yang bisa dan tidak dilihat oleh orang lain.