Facebook ‘Todong’ Akun yang Tebar Konten Viral

Technologue.id, Jakarta – Facebook dikabarkan mulai menyoroti akun yang sering membagikan postingan viral. Kebijakan ini diambil guna memastikan akun tersebut asli dan bukan dijalankan oleh bot.

Dikutip dari Mashable pada Senin (1/6/2020), Product Manager Facebook Anita Joseph dan Michele Paselli mengatakan, “Kami ingin pengguna lain mengetahui siapa di balik postingan viral yang mereka lihat. Ini sangat penting ketika postingan tersebut viral dan jadi konsumsi banyak orang.”

Baca Juga:

Facebook Bangun Kabel Bawah Laut Terbesar di Dunia

Untuk memastikan akun tersebut asli, Facebook akan melakukan verifikasi ID dan juga verifikasi tambahan termasuk mencocokan data lokasi di profil dengan data lokasi di perangkat. Ini dilakukan pada akun-akun yang memiliki pola prilaku tidak autentik.

Facebook mengklaim proses verifikasi ini dilakukan dengan aman. Data para akun yang didapat akan disimpan dan dijaga dengan ketat kerahasiaannya.

Apabila ditemukan ketidakcocokan data atau kurangnya syarat, maka Facebook akan mulai mengurangi jangkauan postingan pada akun. Ini otomatis akan membuat postingan tersebut hanya dilihat oleh sedikit orang.

Baca Juga:

Facebook Caplok Giphy, Nilainya Sampai Rp 6 Triliun

Kebijakan ini sendiri sebenarnya merupakan kelanjutan dari kebijakan Facebook sebelumnya. Dimana Facebook mengharuskan pengiklan politik memberikan sejumlah data termasuk nomor identitas dari pemerintah.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu menyebut langkahnya melakukan verifikasi pada pengiklan politik akan mencegah ganggunan jelang pemilihan umum Amerika Serikat.

Recent Articles

Terancam Digugat Rp 15 Triliun, Telkomsel: Silahkan Saja

Technologue.id, Jakarta - Kasus kebocoran data Denny Siregar membuat Telkomsel harus menelan pil pahit lantaran akan digugat senilai Rp 15 triliun rupiah.

PUBG Mobile Luncurkan Peta Livik untuk Pertempuran Gesit dan Epik

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile bakal luncurkan peta baru yang dirancang khusus untuk pertandingan kecil dan cepat. Peta Livik membentang dua kilometer dan...

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Related Stories