Facebook Tuntut Oknum Pengepul Profil di Instagram

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Jejaring sosial Facebook telah mengajukan gugatan hukum terhadap developer yang menyalahgunakan platformnya.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu melayangkan gugatan ke Ensar Sahinturk, yang diduga menjalankan jaringan situs kloning Instagram dengan menggunakan informasi yang diambil dari profil publik.

Baca Juga:
Facebook Tegaskan Akan Terus Perangi Konten Negatif

Menurut Facebook, Sahinturk, yang merupakan warga negara Turki, mengumpulkan detail dari ribuan profil di Instagram untuk membuat situsnya.

“Sahinturk menggunakan perangkat lunak otomatisasi untuk mencuri profil publik, foto, dan video dari lebih dari 100.000 akun Instagram tanpa izin Instagram dan melanggar Persyaratan kami,” tulis Facebook dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari Engadget (20/11/2020).

Baca Juga:
Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya, Facebook Hapus Postingan Donald Trump

Pelaku kemudian menerbitkan data ini di jaringan situs kloning, di mana siapa pun dapat memasukkan nama pengguna Instagram untuk melihat profil pengguna Instagram, gambar, video, cerita, tagar, dan lokasi.

Gugatan tersebut merupakan tindakan hukum terbaru dari Facebook karena mengambil langkah lebih agresif terhadap pengembang yang menyalahgunakan platformnya. Perusahaan juga mengejar perusahaan dan pengembang yang menjual Like dan bentuk engagement Instagram palsu lainnya.

Latest News

Kembali Dikenang, Friendster Jadi Trending Topik

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Friendster kembali diperbincangkan netizen. Hingga berita ini dimuat, Selasa (26/1/2021), Friendster bertengger di jajaran trending topik Twitter.

Makin Menegangkan, Resident Evil Village Rilis 7 Mei 2021

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil, yang dikenal di Jepang sebagai Biohazard, serial video game dan franchise media Jepang yang dibuat oleh Capcom....

Polisi Lacak Penculikan Wanita lewat Apple Watch-nya

Technologue.id, Jakarta - Kepolisian Texas, Amerika Serikat, sukses mengungkap kasus penculikan seorang wanita karena mengandalkan teknologi jam tangan pintar.

Review Samsung Galaxy A02s: Kelas Ekonomis dengan Tiga Kamera

Technologue.id, Jakarta - Smartphone kelas menengah yang berada di kisaran harga sekitar Rp2 juta kini semakin menawan. Bukan cuma dari sisi desain,...

Geber Pengembangan Teknologi, OnePlus – OPPO Gabungkan Tim R&D

Technologue.id, Jakarta - Dua produsen ponsel asal China, OnePlus dan OPPO dikabarkan akan menggabungkan divisi R&D (Research And Development) mereka.

Related Stories