Technologue.id, Jakarta – Siang tadi hingga malam ini warganet Indonesia terus mengeluhkan sulit mengakses berbagai layanan media sosial yakni Instagram, Facebook hingga WhatsApp. Ketiga layanan media sosial dan pesan instan itu tidak bisa diakses sejak pukul 11.00 WIB.

Pengguna WhatsApp mengeluhkan tidak bisa mengirim atau menerima konten foto dan video. Beberapa pengguna mengaku cuma bisa mengirim teks saja di layanan messaging terbesar itu.

Beberapa pengguna juga menggaungkan WhatsApp Down di Twitter. Apalagi peristiwa ini kerap kali terjadi akhir-akhir ini. Hastag #WhatsAppDown pun akhirnya trending 1 di Twitter, mengalahkan hastag #PrayForIndonesiaDemocracy yang sudah trending sejak dini hari tadi.

“WhatsApp down mulu,” ujar akun twitter Maya Laila.

- Advertisement -

Baca Juga:
5 Berita Hoax yang Mengiringi Aksi Demo 22 Mei 2019

Keluhan mogok serupa juga dilayangkan ke jejaring sosial Facebook dan Instagram. Konten foto dan video sama sekali tidak bisa diakses. Mereka hanya bisa membaca caption saja.

Belum ada penjelasan dari ketiga aplikasi tersebut terkait kejadian ini. Belakangan diketahui bahwa kejadian Instagram, Facebook hingga WhatsApp down sengaja diatur untuk menghindari penyebaran berita hoaks atau menyesatkan di Indonesia.

Dalam keterangan persnya hari ini, Pemerintah membatasi sementara media sosial secara nasional. Menkominfo Rudiantara menegaskan pembatasan itu bersifat sementara hingga kondisi lebih kondusif. Diketahui saat ini tengah digelar aksi massa 22 Mei yang memprotes hasil pengumuman KPU soal Pilpres 2019.