Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Faktor Pendorong Konsumen Betah Belanja Elektronik, Kebutuhan RT, Hingga Kesehatan di Online
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Belanja perangkat elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga kesehatan terus mengalami peningkatan meski pandemi telah usai.

Survei yang dilakukan oleh Populix pada bulan Juli 2023 mengungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82%) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13%) maupun secara offline (6%).

Beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79%), gratis ongkos kirim (72%), harga lebih murah dari toko offline (62%), tersedia diskon pembelian (61%), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57%).

Baca Juga:
Survei: Ini Tiga Raksasa E-commerce Jadi Pilihan Belanja Online

Indah Tanip, Head of Research Populix menjelaskan bahwa kualitas barang yang dijual melalui platform e-commerce juga menjadi alasan konsumen percaya untuk membeli secara online.

"Kualitas barang memang penting sekali untuk disediakan masing-masing e-commerce. Supaya akhirnya customer itu mau berbelanja di e-commerce," ujar Indah.

Ia menerangkan, bila kualitas terjamin, maka kepercayaan masyarakat untuk belanja online juga bakal terdongkrak.

"Kepercayaan ini juga (faktor) paling penting secara umum untuk berbelanja di e-commerce," imbuhnya.

Baca Juga:
Populix Punya Fitur Survei Gratis, Begini Langkah Penggunaannya

Berdasarkan laporan hasil survei terkait perilaku masyarakat Indonesia dalam berbelanja online untuk kategori produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan, masyarakat menilai Tokopedia memiliki reputasi yang baik dengan melekatnya persepsi sebagai e-commerce yang menjual produk berkualitas dengan pengiriman yang aman dan terpercaya, terutama pada kategori elektronik.

Sedangkan untuk Shopee dan Lazada, masyarakat memiliki persepsi yang berbeda, yaitu e-commerce yang memiliki pilihan barang yang lengkap terutama untuk kategori rumah tangga dan kesehatan.

SHARE:

4 Smartphone Terkini yang Punya Fitur Canggih Berbasis AI

Elon Musk Pamer Superkomputer Dojo D1 dengan 8.000 GPU Nvidia H100