FCC: Radiasi yang Dipancarkan Apple dan Samsung Masih Aman

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, Apple dan Samsung sempat digugat oleh firma hukum Amerika Serikat, Fegan Scott lantaran ponsel besutannya dinilai memiliki radiasi yang tinggi. Namun hasil terbaru dari FCC (Federal Communication Commission) menyatakan radiasi yang dipancarkan ponsel kedua raksasa teknologi tersebut masih di batas normal.

Dilansir dari PhoneArena (27/12/2019), FCC mengumumkan hasil pengujiannya berdasarkan Specific Absorption Rate (SAR) yang mengukur tingkat energi yang diserap tubuh manusia terhadap paparan elektromagnetik Radio Frecuency (RF). Untuk pengujiannya, FCC menggunakan model standar dari kepala dan tubuh manusia yang diisi dengan Tissue Simulating Liquid (TSL).

Baca Juga:
Dua Brand Smartphone Ini Digugat Akibat Tingkat Radiasi Tinggi

FCC menguji radiasi RF dengan jarak berkisar dari 5mm hingga 15mm, dan menemukan bahwa semua pomsel yang diuji menghasilkan radiasi RF kurang dari 1,6W/Kg. Itu artinya tidak ada pelanggaran aturan mengenai tingkat paparan RF maksimum.

Dalam kesimpulannya, FCC mengatakan, “Semua sampel ponsel yang diuji oleh Laboratorium FCC, baik sampel yang disediakan produsen atau yang dibeli FCC sendiri, menghasilkan maksimum 1-g nilai SAR rata-rata kurang dari batas 1,6 W / kg yang ditentukan dalam Aturan FCC. Semua sampel yang diuji mematuhi populasi umum paparan radiasi RF FCC.”

Baca Juga:
Ngeri, Xiaomi Mi A1 Pancarkan Tingkat Radiasi Tertinggi

Padahal sebelumnya, Fegan Scott menyebut telah menyewa sebuah laboratorium terakreditasi untuk mengkonfirmasi tingkat radiasi FR yang dipancarkan oleh sejumlah ponsel buatan Apple dan Samsung. Dan mengklaim tes yang dilakukannya menemukan tingkat radiasi RF jauh melewati batas paparan federal, terkadang melewatinya sampai 500 persen lebih tinggi saat ponselnya digunakan dengan cara yang disarankan oleh Apple dan Samsung.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories