Technologue.id, Jakarta – Berawal dari China, tanggal 11 November yang dirayakan sebagai Single’s Day atau Hari Lajang ini sekarang menjelma menjadi festival belanja daring global. Perayaan online shopping yang sudah diperingati sejak 2009 ini pun menjangkiti banyak netizen Tanah Air.

Terbukti, dari riset yang dipublikasikan oleh Picodi, jumlah transaksi belanja online di Indonesia pada Single’s Day di antara orang yang berusia 18-24 tumbuh hampir 1.500 persen dibandingkan dengan hari biasa. Tak hanya perempuan, laki-laki juga ikut berbelanja bahkan mendominasi persentase pembeli di perayaan 11.11 dengan 65 persen.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Vivo V11 Pro vs Oppo F9

Yang tak kalah menarik, survei ini juga menunjukkan bahwa lebih dari separuh orang Indonesia (52 persen) tidak mempersiapkan diri untuk berbelanja pada Single’s Day. Dalam kata lain, masyarakat cenderung berbelanja online secara spontan atau impulsif ketika 11 November tiba.

- Advertisement -

Dari 1.000 responden dari Indonesia yang terlibat dalam survei ini, cuma sekitar 130-an orang atau 13 persennya saja yang mengaku menyiapkan catatan belanja di festival 11.11 ini.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Vivo V11 Pro vs Oppo F9

Walaupun lebih mengandalkan spontanitas, tetapi warganet Tanah Air cenderung loyal untuk membelanjakan uangnya. Rata-rata, mereka menghabiskan Rp1.175.000 untuk berbelanja di Single’s Day. Secara keseluruhan, peningkatan jumlah transaksi pada 11 November naik 922 persen ketimbang hari biasa.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Vivo V11 Pro vs Oppo F9

Secara garis besar popularitas Single’s Day naik lebih dari dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Anda sendiri, apakah netizen yang rajin berbelanja pada 11.11 di kanal-kanal e-commerce ternama?