Technologue.id, Jakarta – Keamanan adalah salah satu faktor yang penting bagi Anda yang sering mengakses internet. Oleh karenanya, Mozilla menyematkan sebuah fitur baru untuk meningkatkan keamanan bagi para pengguna Firefox.

Dikutip dari NextPowerUp (26/01/17), memasuki versi 51, browser Mozilla Firefox kini punya sebuah fitur baru yang bisa mengingatkan jika Anda sedang mengunjungi website yang tak terenkripsi. Ini ditandai dengan tanda gembok abu-abu dicoret yang tampil di samping address bar.

Walaupun Firefox tetap mengizinkan Anda untuk mengakses website yang tak terenkripsi, adanya notifikasi tersebut membuat Anda untuk lebih waspada terhadap kebocoran data dari textbox yang diisi, seperti nama, alamat, atau password.

Jika membutuhkan informasi yang lebih lengkap, pengguna juga bisa menekan tombol “i” yang juga terletak di samping address bar.

Sebelumnya, Firefox juga sudah sempat memberikan sebuah tanda khusus berupa ikon berbentuk gembok berwarna hijau untuk menandai website yang sudah menggunakan protokol HTTPS.

Website yang menggunakan protokol HTTPS sendiri akan jauh lebih aman ketimbang HTTP. Ini dikarenakan ia sudah memiliki sistem enkripsi sehingga data yang ada tak bisa dibaca begitu saja jika terjadi kebocoran.

 

Baca juga:

Anda Harus Upgrade OS, Kalau Tak Mau Ditinggal Firefox

Diam-diam, Windows Serang Chrome dan Firefox

Jaga Privasi Netizen, Mozilla Pamerkan Firefox Focus