Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fitur Facebook Protect Bisa Mata-matai Pengguna?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Baru-baru ini, Facebook baru saja meluncurkan sebuah fitur keamanan terbaru berama Protect. Fitur ini secara khusus dibenamkan bagi para pengguna aplikasi Facebook di perangkat iOS. Namun siapa sangka, fitur ini ternyata memiliki ‘dua wajah’. Di satu sisi, fitur ini memang memiliki fungsi untuk membuat pengguna aplikasi Facebook di iOS menjadi lebih aman. Namun di sisi lain, ternyata fitur ini dikabarkan dapat memata-matai penggunanya lho!

Baca juga:

Inikah Saat yang Tepat untuk Tinggalkan Facebook?

Mengutip dari laman 9to5Mac.com (15/02/2018), ternyata hal ini dikarenakan saat menggunakan fitur ini, pengguna secara otomatis mengunduh aplikasi VPN milik Facebook. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk mengumpulkan dan menganalisis data penggunanya. Yang lebih mengejutkan lagi, Facebook ternyata mengakui bahwa aplikasi ini adalah sebuah aplikasi Spyware. Seram bukan? Namun ternyata, Facebook berdalih jika penggunaan VPN ini akan menambah pengalaman penggunaan platform mereka. Pasalnya, Facebook mengatakan bahwa data ini digunakan untuk “memperbaiki produk dan layanan Facebook”.

Baca juga:

Facebook Uji Coba Tombol Downvote, Apa Fungsinya?

Akan tetapi, Facebook menegaskan bahwa fitur ini akan memberikan para penggunanya pengalaman menggunakan Facebook yang jauh lebih aman dari sebelumnya. Tapi tetap saja, mengingat apa yang kita lakukan dapat dimata-matai oleh Facebook, kami secara personal tetap akan menonaktifkan fitur ini. Sekedar informasi, fitur VPN yang disediakan oleh Facebook menggunakan sistem yang dikembangkan oleh Ovano. Perusahaan ini dibeli oleh Facebook pada 2013 lalu, dan memang secara khusus mengembangkan fitur keamanan di aplikasi Facebook.

Baca juga:

Inikah Alasan Sebenarnya Qualcomm Tolak Pinangan Broadcom?

Hingga saat ini, ada sekitar 33 juta pengguna Facebook yang sudah memasang Onavo Protect. Sekitar 62 persen telah terpasang di perangkat Android, sedangkan 38 persen lainnya sudah terpasang di perangkat iOS.

SHARE:

XL Axiata: Periode Ramadan dan Lebaran Trafik Streaming Capai 60%

Elon Musk Posting Foto Roket, Komentari Perang Israel-Iran