Fitur Keamanan Baru dari Google Mampu Lindungi Anda dari Aplikasi Berbahaya

Fitur Keamanan Baru dari Google Mampu Lindungi Anda dari Aplikasi Berbahaya (source: Android Authority)

Technologue.id, Jakarta – Google nampaknya semakin getol meningkatkan keamanan bagi para penggunanya. Pasalnya, perusahaan raksasa tersebut kini meluncurkan fitur keamanan tambahan, yang diklaim mampu melindungi Anda dari aplikasi yang mengancam.

Dilansir dari Android Authority (20/7/2017), fitur keamanan tersebut akan memblokir Anda dari aplikasi yang tidak terverifikasi dan juga skrip aplikasi. Sehingga, aplikasi yang dianggap membawa hal yang berbahaya tidak dapat langsung diunduh seperti sebelumnya.

Anda akan diberikan peringatan berupa “Unverified App” ketika hendak mengakses website dan juga skrip aplikasi terkait. Hal ini akan berlaku bagi seluruh aplikasi yang terbilang baru, dan belum melalui sistem verifikasi yang diajukan oleh Google.

Namun, jika dirasa aplikasi tersebut baik-baik saja, Anda bisa dapat memilih untuk menanggung resikonya sendiri. Langkahnya adalah dengan memilih opsi Advance dan ketikan “continue” pada baar tersedia.

Pemblokiran baru ini menggantikan laman “error” yang seringkali tampil ketika suatu web dianggap membahayakan perangkat. Sehingga, pengguna seakan diberikan pilihan sendiri, untuk menghindari masalah atau menanggung resikonya.

Google mengatakan, fitur ini akan semakin dikembangkan dalam waktu beberapa bulan ke depan. Sehingga, tidak hanya aplikasi baru saja yang dapat dihindari ancamannya, namun juga ke aplikasi-aplikasi yang telah lama ada.

Fitur ini diklaim akan sangat membantu pengguna dan pengembang. Dari sisi pengembang, mereka tak perlu lagi melalui proses verifikasi untuk menguji coba aplikasi baru yang tengah dikembangkan.

Baca juga:

Google Akan Menjual “Kacamata Pintar” Hanya Kepada Segmen Bisnis

Google Hadirkan Fitur Backup pada Layanan Drive

Bukan Guyonan, Google Earth Bakal Punya Fitur “Stories”!