Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Internet Latest News Headline Apps

Fitur Privasi Baru Google Siap Perangi Phising

byAnggi Maysarah - editorDenny Mahardy May 13, 2022

Technologue.id, Jakarta - Semakin berkembangnya dunia digital, tidaklah menjamin tidak akan adanya pelanggaran privasi ataupun pencurian data. Oleh karena itu, Google telah mengambil lebih banyak langkah untuk membantu orang-orang dalam melindungi privasi dan menjaga keamanan data mereka.

Dilansir dari Digital Trends (12/5) pada konferensi Google I/O pada tahun ini, perusahaan mengumumkan adanya beberapa inisiatif baru yang akan membantu orang mengunci akun Google mereka, menghapus informasi yang tidak diinginkan dari hasil pencarian, dan mengontrol iklan yang mereka lihat.

Hal ini termasuk dalam peringatan status kemanan akun baru. Di mana hal itu akan memberi tahu Anda ketika ada tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengamankan akun Anda dengan menunjukkan ikon peringatan kuning sederhana pada gambar profil Anda saat menggunakan aplikasi seperti Gmail, YouTube, atau Google Penelusuran.

Baca Juga:
Google Mengumumkan Ponsel Pixel 6A dengan Harga Murah

Bagi para pelanggan Google Workspace akan mendapat manfaat dari perlindungan phishing dan malware yang telah ditingkatkan secara pendaftaran otomatis dalam verifikasi dua langkah. Selain itu, Google juga memperkenalkan dua alat baru.

Kedua alat baru tersebut dapat menjanjikan untuk dapat memberi orang lebih banyak kontrol atas informasi pribadi mereka dapat ditemukan dan bagaiman hal itu digunakan oleh mesin periklanan Google.

Sementara itu, orang-orang sudah dapat meminta Google untuk menghapus informasi pengenal pribadi (PII) sensitif tertentu dari hasil Google Penelusuran, seperti nomor rekening bank atau kartu kredit.

Google memperluas ini untuk dapat memasukkan lebih banyak jenis informasi seperti informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik dan info lainnya yang dapat menimbulkan risiko pencurian identitas yang mungkin muncul di hasil pencarian.

Baca Juga:
iPod Touch Pensiun Usai 20 Tahun, Bakal Jadi Item Kolektor

Fitur ini akan muncul di Google App dalam beberapa bulan mendatang dan juga dapat diakses dengan mengeklik tiga titik di samping masing-masing hasil Google Penelusuran.

Pada akhir tahun ini, Google juga berencana untuk meluncurkan lebih banyak kontrol untuk pengaturan privasi iklan yang muncul di YouTube dan Google Penelusuran.

Hal tersebut akan membuat Anda dapat memilih merk iklan mana yang ingin dilihat lebih banyak atau sedikit, dan jenis iklan yang ingin dilihat seperti perawatan kulit, hiburan, ataupun lainnya.

Selain itu, Google juga akan memberikan lebih banyak transparasi tentang cara memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan kepada Anda.

#Google #Phising #FiturGoogle #KeamananData #FiturPrivasiBaru #FiturPrivasi

Baca Juga