Fitur Telepon Satelit iPhone 13 Cuma untuk Darurat?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Apple disinyalir bakal menghadirkan teknologi telepon satelit pada produk terbaru mereka mendatang, iPhone 13. Dengan hadirnya teknologi tersebut, penggunanya dapat menelpon dan berkirim pesan tanpa perlu menggunakan jaringan 4G ataupun 5G.

Menurut laporan Bloomberg terbaru, rencana Apple mengizinkan pengguna terhubung dengan satelit terkait pertimbangan keselamatan. Mereka ingin agar pengguna dapat menghubungi layanan darurat di area yang tak memiliki jangkauan seluler.

Artikel tersebut diterbitkan setelah analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone 13 mungkin dapat melakukan panggilan satelit. Ming-Chi Kuo memang sering mengungkapkan rincian tentang rencana Apple sebelum perusahaan mengumumkannya secara resmi, tetapi sumber Bloomberg menunjukkan bahwa pendekatan Apple untuk konektivitas satelit iPhone lebih terbatas.

Baca Juga:
iPhone 13 Bakal Punya Konektivitas Satelit

Menurut Bloomberg, salah satu fitur yang disebut emergency messages via satelit memungkinkan pengguna mengirim SMS ke layanan darurat dan kontak darurat, saat pengguna tak memiliki sinyal dengan memanfaatkan jaringan satelit.

Pesan-pesan ini akan memiliki batas karakter dan ditampilkan berwarna abu-abu, bukan hijau yang digunakan untuk pesan SMS atau biru yang biasanya terlihat di iMessages. Dan ketika pengguna mengirim salah satu pesan ini ke kontak darurat, tak akan mempengaruhi mode “Not Disturb” yang diaktifkan, sehingga dapat membantu memastikan bahwa pesan akan terlihat.

Fitur lain akan memungkinkan pengguna melaporkan keadaan darurat. “Telepon akan menanyakan keadaan darurat seperti apa yang terjadi, seperti apakah itu melibatkan mobil, kapal, pesawat atau kebakaran,” tulis Bloomberg.

Baca Juga:
Daftar Harga iPhone 13, Model Paling Mahal Tembus Rp 31 Juta

Pengguna juga dapat mengirim informasi seperti lokasi dan ID Medis, yang dapat atur di aplikasi Health. Mereka mungkin juga dapat memberi tahu kontak darurat pada saat yang sama ketika melaporkan keadaan darurat.

Selain itu, iPhone berikutnya mungkin memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk melakukan panggilan satelit. Tetapi sumber lain mengatakan kepada Bloomberg bahwa fitur-fitur baru mungkin belum tersedia sebelum tahun depan.

Fitur satelit baru, jika dirilis, dapat membantu meredakan kekhawatiran tentang layanan darurat pada saat dibutuhkan atau saat kalian jauh dari jaringan seluler. Ada juga kemungkinan fitur tersebut dapat menyediakan cara lain untuk menghubungi layanan darurat jika terjadi pemadaman 911.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories