Ford: Mobil Cerdas Tak akan Laku hingga Tahun 2026

Technologue.id, Jakarta – Mobil cerdas atau yang disebut mobil otonom saat ini sudah ada beberapa yang berseliweran di jalan raya. Namun Ford yakin, kendaraan tersebut tak akan menjadi massal hingga tahun 9 tahun mendatang.

NextPowerUp (08/04/17) mengabarkan bahwa tren akan mobil otonom untuk konsumen umum baru akan terjadi pada tahun 2026 hingga 2031. Hal tersebut dikatakan oleh Ken Washington, salah seorang kepala riset otomotif Ford.

“Tren teknologi mobil otonom sangat sulit ditebak dan diprediksi. Menurut pengamatan kami, tingkat pengadopsiannya akan tumbuh secara bertahap,” katanya.

Sebelumnya, CEO Ford, Mark Fields juga meramalkan hal yang sama. Ia berpendapat bahwa mobil otonom baru mulai ramai digunakan pada tahun 2025.

Belakangan, Ford memang sedang serius untuk menggarap mobil cerdas. Pasalnya, mereka baru saja melakukan kerja sama khusus dengan sebuah startup yang bergerak di bidang pengembangan machine learning bernama Argo AI. Tak tanggung-tanggung, Ford pun menginvestasikan dana sebesar US$1 miliar (sekitar Rp13,3 triliun) kepada startup tersebut.

Rencananya, dana investasi tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan riset dan pengembangan AI pada mobil otonom. Termasuk merekrut orang yang memiliki kemampuan untuk membantu menciptakan software yang nantinya akan terintegrasi dengan mobil otonom.

 

Baca juga:

Ternyata, Makin Banyak Orang Beli Mobil Pintar

Mobil Pintar Uber Tabrak Mobil Lain, Apakah Ada Korban Jiwa?

Akuisisi Harman Rampung, Mobil Pintar Samsung Segera Tiba?