Technologue.id, Jakarta – Peneliti mengembangkan teknologi baru yang bisa mendeteksi kondisi psikologis seseorang. Teknologi berbasis artifical intelligence (AI) itu dapat membaca kondisi psikologis orang hanya dengan melihat foto Instagram.

Pembacaan menggunakan ‘analisis warna, komponen metadata dan algoritma deteksi muka’ kecerdasan buatan itu bisa membaca tingkat stres seseorang. Tingkat ketepatan diagnosa AI pada pembacaan stres ini sebesar 70 persen.

Dilansir Technologue.id dari Ubergizmo, Kamis (18/8/2016), Teknologi AI pendiagnosa kondisi stres manusia ini merupakan hasil kolaborasi peneliti dari Harvard dan University of Vermont.

AI ini juga bisa membaca depresi berdasarkan filter yang dipakai. Orang-orang yang merasa tertekan cenderung memakai warna yang lebih mengarah ke biru dan warna gelap serta filter seperti Inkwell dan Crema.

- Advertisement -

Individu yang sedang bahagia tanpa tekanan disebutkan biasa memakai warna cerah dan lebih memilih filter Valencia dan X-Pro II. Sebelum bergantung penuh pada diagnosa AI ini, peneliti mengeluarkan peringatan awal yang perlu diperhatikan.

Peneliti menyebutkan bahwa temuan ini menunjukkan jalan baru analisa awal dan deteksi penyakit mental dan temuan yang dihasilkan AI ini tidak harus diambil sebagai fakta sepenuhnya.

Baca juga : 
TRIK MEMBUKA INSTAGRAM STORIES DI LAPTOP
TRIK RAHASIA MEN-DOWNLOAD FOTO DAN VIDEO DARI INSTAGRAM
CARA FACEBOOK AMANKAN ANDA DARI BERITA SAMPAH