Technologue.id, Jakarta – Lebaran adalah momen membahagiakan. Momen setahun sekali ini biasa diisi dengan kumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Makanya, ketika jarang berkumpul seperti itu, mengambil foto bersama pun jadi aktivitas lumrah.

Tentunya tak ada yang berharap foto yang menyimpan kenangan-kenangan kita hilang begitu saja tanpa jejak. Apalagi kalau hilangnya gara-gara kesalahan konyol seperti tak sengaja terhapus.

Kebetulan jika Anda adalah pengguna iPhone, tak perlu takut foto Anda hilang begitu saja dari galeri pasca terhapus karena kecelakaan. Ada tips untuk mengembalikannya sebagai berikut.

1. Pada dasarnya, foto yang terhapus di iPhone, baik satu file atau satu folder, tidak langsung hilang. Alih-alih, mereka “terpindahkan” saja ke folder Recently Deleted. Fitur ini tersedia mulai iOS 8 dan tidak membutuhkan aplikasi third-party.

Seperti dijelaskan oleh Tech-Recipes.com, untuk mengakses folder tersebut, langsung saja buka aplikasi Photos bawaan iPhone atau iPad. Lalu, pilih ikon Albums di bagian bawah layar.
Jika aplikasi Photos Anda menampilkan sebuah gambar, kembalilah sampai Anda bisa melihat semua foto yang telah tersimpan dan ikon Albums tadi.

2. Cari folder Recently Deleted di daftar tersebut. Album ini dibuat secara otomatis oleh sistem untuk menyimpan foto yang telah terhapus dalam sebulan terakhir, baik disengaja maupun tidak. Setelah lewat dari batas waktu yang telah ditentukan, barulah file-file di sana dihapus sepenuhnya dan Anda tak bisa me-recover foto-foto itu lewat cara ini.

3. Kemudian, pilih foto yang ingin dikembalikan, dengan teknik multiple select jika perlu. Kalau sudah, klik opsi Recover yang berada di samping Delete di bagian bawah layar.
Sekali lagi kami ingatkan, akan sangat menguntungkan apabila Anda sadar kalau ada foto yang tak sengaja terhapus sehingga masih terlihat di folder ini.

4. Nantinya, Anda akan melihat pop-up message berisi konfirmasi untuk mengembalikan foto-foto tersebut. Jangan pilih Cancel apabila Anda benar-benar ingin mengembalikan foto-foto yang tak sengaja terhapus tadi.

Itu dia cara mengembalikan foto yang tak sengaja terhapus di gadget Apple Anda. Semoga tips sederhana ini bisa memperbaiki mood Anda pasca kecelakaan hilangnya foto langka dan menarik saat Lebaran ya!

 

Baca juga:

Agar Tidak Bosan di Perjalanan Mudik, Pastikan Anda Membawa ‘Teman’ Smartphone ini

Penasaran Email Anda Sudah Dibaca Atau Belum? Pakai Cara Ini!

Begini Cara Pantau Stabilitas Koneksi Internet di Windows