Froyo Mati, Tapi Nougat Belum Bersemi

Android Nougat (Source:Techradar)

Technologue.id, Jakarta – Tiba juga masa ketika sebuah sistem operasi musnah. Kali ini, Android Froyo yang mengalaminya. Versi Android 2.2 itu pada awal tahun 2017 ini sudah tak tampak di tabel distribusi OS bikinan Google itu secara global.

Dari paparan GSMArena (10/01/17), bisa disimpulkan OS yang sudah di-launching sejak Mei 2010 itu sekarang terpantau hanya dipakai oleh kurang dari 0,1 persen perangkat Android di dunia.

OS tertua Android yang sekarang masih dipantau Google adalah Gingerbread. Kemungkinan, usia Android model 2.3 itu tak akan lama lagi. Sebab, distribusinya terus menurun, dari 1,2 persen di Desember 2016 lalu ke 1 persen saja bulan ini.

Distribusi versi OS Android Januari 2017 (source: GSMArena)

Namun, dengan tak masuknya pengguna Froyo di radar Google ini bukan berarti varian Android terbaru sudah menjadi populer. Pangsa pasar Nougat terpantau masih kurang dari 1 persen. Smartphone Android mayoritas saat ini menggunakan OS Lollipop dengan market share 33,4 persen.

Sementara itu, Marshmallow ada di posisi kedua dengan 29,6 persen. KitKat yang ada di posisi ketiga menggenggam 22,6 persen perangkat Android saat ini.

 

Baca juga:

Android Nougat Sambangi Asus ZenFone 3 ZE520KL dan ZE552KL

Ini Dia HP Android Terbaik Akhir Tahun 2016, Bukan dari Samsung!

Android Nougat 7.1.1 ‘Curi’ Fitur 3D Touch Apple