Technologue.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu Fujitsu mengumumkan kehadiran solusi Retail Engagement Analytics (REA) dalam rangka mendukung bisnis ritel pelaggannya melalui pesan elektronik yang Technologue.id terima. REA dirancang sedimikian rupa supaya mampu menghadirkan analitik dan insight yang setara dengan kelas e-commerce dilengkapi kemampuan untuk melacak, menampung, serta menganalisis data pola perilaku belanja, hingga masing-masing pelanggan. Gunanya, sebagai acuan bagi peritel dalam melakukan strategi bisnis secara proaktif selanjutnya.

Solusi REA ini dikembangkan berdasarkan pada sumber-sumber data teragregasi, termasuk dari Wi-Fi access points dan informasi enterprise dalam toko, seperti data transaksi yang dilakukan melalui point of sale (PoS) serta data eksternal lainnya, meliputi data cuaca dan demografi di wilayah lokal dan lain-lain.

REA kemudian akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang didasarkan pada data tersebut, sehingga dapat membantu peritel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja di toko mereka dengan mengoptimalkan seluruh elemen di dalam toko itu sendiri, seperti desain layout susunan dagangan di toko yang kemudian berpengaruh pada pola penugasan setiap karyawan dari data kedatangan pelanggan.

Dengan tujuan untuk menghadirkan layanan toko yang lebih personal dan melibatkan bagi setiap pelanggan, Fujitsu REA juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyelami bagaimana perilaku pembeli secara detil dan kemampuan ini biasanya hanya dimiliki pada layanan untuk online vendor, seperti mendata dan menghitung jumlah visit per periode waktu tertentu, volume pengunjung berdasarkan zonasi, memantau arus pengunjung serta pengunjung yang kembali lagi berbelanja. Semuanya bisa dipantau, ditelusuri, divisualisasikan dan dinomitor dengan sempurna oleh solusi ini.

- Advertisement -

“Kami berkomitmen untuk mendukung peritel generasi masa depan yang butuh untuk selalu terkoneksi melihat bahwa sekitar 90 persen dari total penjualan masih dilakukan melalui toko. Fujitsu juga menghadirkan solusi Fujitsu Retail Engagement Analytics yang istimewa berkat kemampuannya untuk berintegrasi secara sempurna dengan teknologi PoS,” ujar David Concordel, Vice President, Head of Retail Solutions Fujitsu.

Solusi Fujitsu REA dibangun dengan lapis keamanan maksimum dan privasi secara menyeluruh. Dalam rangka mendukung kebijakan privasi pelanggan dan negara tertentu secara lebih spesifik, solusi Fujitsu ini juga hadir dalam versi yang di-host secara privat melalui jaringan global data center perusahaan. Sebagai alternatif, REA juga tersedia melalui cloud AWS dan Microsoft Azure.

Solusi Fujitsu Retail Engagement Analytics akan tersedia untuk pasar Eropa mulai bulan Oktober 2016 dan sedang dalam perencanaan untuk diluncurkan di wilayah Asia.

BACA JUGA: FUJITSU KENALKAN SOLUSI DATA CENTER UNTUK DUKUNG PARA PENGELOLA IT