Gamer Rin Moka puji Intel Core Gen 11 H Series

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Konektivitas antar-gadget bagi seorang gamer dan content creator profesional sangatlah penting. Kemudahan dan kecepatannya bakal membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Makanya, Rin Moka, seorang gamer muda, senang ketika Intel mengumumkan kehadiran prosesor terbaru Intel Core Gen ke-11 H Series yang dilengkapi Thunderbolt 4 di CES 2021 di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari lalu.

Intel Core Gen ke-11 H Series adalah prosesor pertama yang dikhususkan bagi ultraportable gaming laptop. Prosesor berfrekuensi 10nm SuperFin itu memanfaatkan Intel Turbo Boost Max 3.0 untuk mengangkat frekuensinya hingga 5GHz. Intel Core Generasi ke-11 juga lebih efisien dan hemat daya. Konektivitas terbaik juga hadir dalam bentuk Intel Killer Wi-Fi 6/6E (Gig +), yang membuat penggemar games bisa memainkan games favorit, download, dan streaming video pada waktu bersamaan.

Kemampuan tersebut membuat prosesor Intel Core Gen ke-11 bisa menghadirkan keseimbangan antara mobilitas, produktivitas, dan gaming pada laptop ultraportable dengan bodi setipis 16 mm. Dukungan terhadap pengaturan grafis tinggi hingga 4K FHD di atas 70 fps membuat performa gaming selalu lancar dimainkan dengan performa tinggi. Kinerja grafis yang terintegrasi pada Intel Core Gen ke-11 juga dua kali lebih cepat dibandingkan Intel Core Gen ke-10.

Hal baru lain dari laptop dengan prosesor Intel Core Gen ke-11 tersebut adalah tersedianya 20 jalur PCIe Gen 4.0 – 16 jalur digunakan untuk kartu grafis Xe-LP yang terintegrasi, sementara 4 jalur dari CPU dipakai untuk koneksi bandwidth tertinggi dengan kartu grafis tertentu, seperti NVidia.

Lalu ada Thunderbolt 4 yang mempermudah koneksi dengan perangkat lain, seperti layar tambahan. Thunderbolt 4, yang saat ini baru tersedia di laptop dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11, bisa memindahkan data dengan kecepatan 40GB/s, 4x lebih cepat dibandingkan USB 3.1. Sebuah port Thunderbolt 4 dapat terhubung hingga ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K melalui dock yang kompatibel atau adaptor.

“Fitur Thunderbolt 4 ini menarik perhatianku. Kehadirannya membuat konektivitas antara laptop yang aku gunakan ini dengan gadget lain, seperti layar monitor 4K yang berukuran besar jelas membantu aku bermain game dan meng-create konten dengan lebih baik,” kata gamer bernama asli Dinda Shaumi Puti tersebut, saat dihubungi di Jakarta (9/4). “Aku tak perlu repot pindah ke desktop kalau ingin menggunakan layar besar, cukup menghubungkannya melalui Thunderbolt 4.”

Versi terbaru Thunderbolt yang serba guna ini memang diciptakan Intel untuk mempermudah kehidupan para gamer. Perangkat keras yang tepat – monitor, keyboard dan mouse, perekam video untuk live streaming – bisa dihubungkan dengan laptop tanpa melalui proses yang rumit. Thunderbolt 4 juga bisa digunakan sebagai port untuk SSD, perangkat PCIe, hingga pengisian daya.

Thunderbolt 4 dan Intel Core Gen ke-11 yang memukau Rin Moka terdapat pada laptop terbaru MSI Stealth 15M yang tengah dicobanya. MSI Stealth 15M adalah ultraportable gaming laptop pertama yang menggunakan Intel Core Gen ke-11, sehingga menjadi laptop pertama pula yang dilengkapi Thunderbolt 4. Dengan ketebalan 16mm dan berat 1,7 kg, produk pabrikan Taiwan tersebut adalah laptop gaming ultraportable 15,6 inci tertipis saat ini.

“Biasanya, bermain game di desktop jauh lebih menyenangkan dibandingkan di laptop. Tetapi kerja sama Intel dan MSI pada Stealth 15M ini bisa menghapus anggapan itu. Bermain game di laptop kini bisa sama menyenangkannya,” kata Rin Moka.

Soal game kelas AAA, Rin Moka menyatakan pengalaman bermainnya menggunakan MSI Stealth 15M terbilang luar biasa. Saat mengujinya dengan bermain Valorant menggunakan setting tertinggi, Rin Moka tak menemukan masalah. “Performanya luar biasa. Enak banget bermain game di laptop ini. Valorant butuh fps yang tinggi agar bisa membidik musuh dengan tepat dan cepat,” jelas Rin.

MSI Stealth 15M menggunakan layar 15,6 inci IPS LCD dengan refresh rate 144 Hz. Grafis yang tampil pada layar ditingkatkan dengan resizable BAR baru, yang diciptakan Intel bekerja sama dengan NVidia. Resizable BAR tersebut membuat prosesor bisa dengan cepat mengakses memori GPU memanfaatkan protokol PCIe standar. Kecepatannya pun meningkat. Apalagi Stealth 15M dilengkapi salah satu GPU tercanggih saat ini, NVidia RTX 3060 6GB.

Rin Moka juga menyukai desain bodi MSI Stealth 15M sederhana tetapi elegan, tidak seperti laptop gaming lain yang beredar saat ini. “Kita bisa bawa laptop ini ke mana-mana tanpa kerepotan dan menggunakannya tanpa jadi pusat perhatian,” pungkas Rin Moka.

MSI membanderol Stealth 15M dengan prosesor Intel Core i7-11375H Gen ke-11 dengan harga Rp27.999.000. Namun pada toko resminya di Shopee, MSI memberi diskon hingga harga laptop gaming ultraportable ini turun menjadi Rp25.999.000. Ada dua warna yang ditawarkan, yaitu Pure White dan Carbon Grey.

- Advertisement -

Latest News

Langganan Twitter, Bayar Rp42 Ribu per Bulan?

Technologue.id, Jakarta - Biaya langganan Twitter premium atau yang disebut Twitter Blue mulai terungkap. Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong...

Susunan Petinggi GoTo, Perkawinan Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Penggabungan usaha atau merger antara Gojek dengan Tokopedia melahirkan susunan manajemen perusahaan. Dalam perusahaan baru ini,...

Cara Migrasi Perpesanan WhatsApp ke Telegram

Technologue.id, Jakarta - Telegram telah meluncurkan fitur baru untuk membantu orang memindahkan riwayat obrolan mereka dari aplikasi lain termasuk WhatsApp.

Huawei P50 Jadi yang Terakhir untuk Leica?

Technologue.id, Jakarta - Desas desus berakhirnya kerja sama strategis yang dilakukan antara Huawei dan Leica sudah mulai berhembus sejak akhir tahun 2020...

Review Vivo X60 Pro: Smartphone Kamera dengan Performa Tak Terduga

Technologue.id, Jakarta - Di awal April 2021, Vivo X60 Pro resmi meluncur di Indonesia. Smartphone tersebut hadir dengan menggandeng perusahaan optik asal...

Related Stories